Bisnis.com, JAKARTA - Shopee, perusahaan
e-commerce berkomitmen terus berevolusi untuk memberikan peluang dan kemudahan
bagi para pelaku UMKM.
Komitmen itu disampaikan pada pertemuan dengan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf
Amin.
Berbagai inovasi yang diberikan di antaranya adalah untuk
membantu menjawab tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM di era perdagangan
terbuka dan berbasis daring saat ini..
Salah satunya adalah keikutsertaan Shopee dalam
meningkatkan literasi digital di bidang pemasaran dan pengembangan produk bagi
santri dan masyarakat pondok pesantren. Mengambil bagian dalam implementasi Strategi
Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), Shopee bekerja sama dengan
kementerian dan lembaga pemerintah terkait untuk menjalankan program Santripreneur
yang sebelumnya telah berhasil dijalankan di beberapa pesantren di
seluruh Indonesia.
Untuk dapat membantu para pelaku usaha kecil di tengah
tantangan ini salah satunya dengan mengambil inisiatif untuk berkolaborasi
meningkatkan ekspor Indonesia melalui pemanfaatan e-commerce.
Shopee melaksanakan program ekspor Kreasi Nusantara “Dari
Lokal untuk Global” ke Malaysia dan Singapura, sebagai bentuk riil upaya pemanfaatan
perkembangan e-commerce untuk meningkatkan ekspor Indonesia, beberapa pelaku
UMKM terpilih telah menjalankan program edukasi guna mengasah kualitas dan daya
saing mereka sebelum menghadapi pasar global.
Para pelaku UMKM terpilih berhasil mencatatkan progres
yang sangat baik dalam program ekspor pertamanya. Setelah terlibat dalam
kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang serentak diselenggarakan di semua
negara tempat Shopee beroperasi, para pelaku UMKM terpilih dalam program ekspor
Kreasi Nusantara “Dari Lokal Untuk Global” berhasil mencatatkan peningkatan
transaksi 3 kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa.
Handhika
Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, di tahun
keempat Shopee beroperasi, kami ingin semakin memperkuat komitmen untuk dapat membantu
para pelaku usaha kecil di tengah tantangan pasar global berbasis daring
seperti sekarang.
"Kami percaya keikutsertaan Shopee dalam
pengembangan daya saing para pelaku UMKM akan memberikan manfaat dan pengalaman
yang besar terutama untuk meningkatkan keahlian bisnis mereka," katanya.
Selain berpartisipasi dalam program pemerintah, Shopee
juga menyiapkan momentum internal yang turut mempromosikan bisnis mereka agar
lebih luas lagi. Salah satunya menyiapkan festival belanja yang lebih spesial
lagi dimana bertepatan dengan ulang tahun Shopee, menghadirkan 12.12
Birthday Sale.
"Kami menyambut baik upaya pelaku e-commerce seperti
Shopee yang turut mendukung percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan
syariah di Indonesia. Kami berharap ke depannya upaya ini bisa terus dilakukan
secara berkelanjutan. Melalui pertemuan hari ini, pemerintah akan selalu
mendukung para pihak yang mengedepankan kemajuan pelaku UMKM di dalam negeri,
terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan.” ujar Wapres Ma'ruf
Amin.
Shopee juga memperkenalkan Shopee Barokah sebagai
one-stop muslim lifestyle destination yang telah mengkurasi produk dan layanan
syariah dan bermitra dengan berbagai brand dan lembaga kemanusiaan ternama
seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, ACT, dan Rumah Zakat untuk memudahkan para
pengguna setia Shopee dalam berdonasi dan menunaikan zakat. Ke depannya, Shopee
Barokah juga akan melengkapi kanalnya dengan pengingat waktu salat dan Alquran.
Sebagai negara muslim terbesar di dunia dengan lebih dari
200 juta penduduk muslim1, potensi perkembangan pasar syariah ini juga dilihat
dari keberhasilan Indonesia menduduki peringkat kelima tahun ini dalam
Indikator Ekonomi Islam Global (GIEI) oleh DinarStandard2. Indonesia berhasil
naik 5 peringkat dibandingkan tahun lalu karena adanya inisiatif kuat dari
pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah.
Laporan ini juga
menunjukkan adanya ruang bagi industri halal dari berbagai sektor untuk
bertumbuh dengan pesat. Tren ini juga sejalan dengan data internal Shopee, di
mana kategori fashion muslim selalu menjadi kategori favorit.
Sumber : Bisnis, 29.11.19.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar