JAKARTA--Sukses menembus rekor penjualan di atas 400 ribu
unit sepanjang 2012 membuat Toyota Indonesia semakin diperhitungkan. Saat ini,
Toyota Indonesia di posisi kelima sebagai kontributor terbesar penjualan Toyota
global di luar pasar Jepang. Pada tahun lalu, total penjualan Toyota global mencapai
8.717.375 unit.
"Di luar pasar domestik Jepang, Amerika Serikat,
tercatat sebagai pasar terbesar Toyota sepanjang tahun lalu dengan total
penjualan 2,067 juta unit," ujar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor,
Johnny Darmawan, Selasa (19/2). Penjualan dari pasar domestik Jepang hanya
menempati nomor dua dengan 1.692.228 unit, sedangkan sisanya 7.025.147 unit
berasal dari penjualan global.
Adapun, posisi ketiga besar disumbang oleh penjualan
Toyota di Tiongkok sebanyak 840.467 unit, Thailand 516.086 unit, dan Indonesia
menempati posisi kelima dengan penjualan sebanyak 405.414 unit. Sementara itu,
Toyota di Arab Saudi terjual 300.595 unit, Australia sebanyak 225.015 unit,
Kanada 192.058 unit, India 171.907 unit, Rusia 169.282 unit, dan Taiwan 123.412
unit.
Johny menyebutkan pencapaian yang dicatatkan Toyota
Indonesia sepanjang tahun lalu akan membuat posisi Indonesia semakin
diperhitungkan di tataran pasar otomotif global,"Pencapaian gemilang
sepanjang tahun lalu semakin bermakna karena posisi Indonesia dianggap semakin
penting bagi Toyota global. Sehingga, Toyota Indonesia mendapatkan kepercayaan
dari prinsipal Toyota Motor Corporation," sebutnya
Jika kepercayaan sudah didapat, menurut Johny, maka
Toyota Motor Corporation tidak akan segan-segan menambah produksi di Indonesia.
Salah satunya dalam bentuk komitmen investasi hingga Rp 13 triliun dalam lima
tahun mendatang. Di masa yang akan datang, dia cukup optimistis untuk terus
turut berkontribusi dalam peringkat teratas "penjualan Toyota global,"Pasar
otomotif di Indonesia masih sangat besar untuk digarap," terangnya
Sepanjang tahun lalu, Toyota berhasil mengakhiri dengan
mencatatkan hasil menggembirakan, bahkan mencetak pencapaian rekor terbaru
dalam dunia otomotif di Tanah Air. Kendati 2012 tercatat sebagai tahun penuh
tantangan bagi industri otomotif nasional, untuk pertama kalinya, Toyota
berhasil menembus penjualan di atas 400 ribu unit,"Kita menguasai pasar
dengan market shares 36,3 persen," lanjutnya
Pencapaian 2012 mencatatkan pertumbuhan 30,5 persen
dibandingkan dengan 2011 sebanyak 310.674 unit. Lebih lanjut, dia menyebutkan
hasil gemilang pada 2012 tidak terlepas dari dukungan para pelanggan. Toyota,
tuturnya, sangat bersyukur pelanggan merespon dengan positif upaya Toyota untuk
menghadirkan layanan dan produk terbaik bagi pelanggan,"Kita akan terus meluncurkan
produk-produk yang sesuai harapan pelanggan," katanya.(wir/kim)
Sumber : JPNN, 20.02.13.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar