KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT
Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta memberangkatkan
613.729 penumpang selama angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang
berlangsung sejak 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018.
"Jumlah penumpang yang diangkut
tahun ini meningkat 4% jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 588.093
penumpang," ungkap Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta,
Edy Kuswoyo dalam keterangan resmi, Selasa (9/1).
Dari jumlah penumpang yang diangkut
tersebut, sebanyak 347.606 penumpang atau sekitar 57% diberangkatkan dari
stasiun Pasar Senen, 241.595 penumpang (39%) dari stasiun Gambir, dan sisanya
dari stasiun keberangkatan lain sebesar (7%).
Selama 17 hari masa libur tersebut,
tercatat data jumlah keberangkatan tertinggi terdapat di Stasiun Gambir pada 29
Desember 2017 sebanyak 18.220 penumpang dan di Stasiun Pasar Senen pada 22
Desember 2017 sebanyak 22.535 penumpang.
Sementara jumlah kedatangan
tertinggi di Stasiun Gambir terjadi pada 1 Januari 2018 sebanyak 16.812
penumpang dan di Stasiun Pasar Senen terjadi juga pada tanggal yang sama
sebanyak 19.863 penumpang.
Secara umum, pelaksanaan angkutan
berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali. Tidak ada gangguan ataupun
kecelakaan dalam perjalanan kereta api pada masa akhir tahun.
Mengantisipasi natal dan tahun baru,
PT KAI Daop 1 Jakarta total menyiapkan 72 kereta api terdiri dari 55 kereta api
regular dan 17 kereta api tambahan. Penambahan sarana ini dilakukan mengingat
masa liburan natal dan tahun baru yang bersamaan dengan libur sekolah, sehingga
dipastikan terjadi pelonjakan penumpang yang signifikan.
Pada masa angkutan natal dan tahun
baru, penumpang KA juga sudah bisa memanfaatkan pelayanan e-boarding pass,
melalui aplikasi KAI Access versi ter-update, calon penumpang tidak perlu lagi
mencetak tiket check in.
Itu artinya penumpang kereta api
semakin dimudahkan pada perjalanan masa angkutan natal dan tahun ini. Dengan
aplikasi ini fasilitas check in secara online bisa dilakukan langsung dari
aplikasinya. Setelah melakukan check in melalui aplikasi, pengguna jasa kereta
api akan mendapatkan e-boarding pass. Proses check in dan unduh e-boarding pass
ini dapat dilakukan mulai dari 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.
Sumber : Kontan, 09.01.18.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar