JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan inovasi guna meningkatkan layanan
kepada para pengguna jasa kereta api. Teranyar,
perusahan pelat merah ini meluncurkan aplikasi KAI Access yang
memungkinan pengguna KA memesan makanan dan minuman jauh-jauh hari sebelum
melakukan perjalanan.
Peluncuran
KAI Access digelar pada Jumat (25/11). Melalui aplikasi tersebut, pengguna jasa
KA dapat menikmati layanan Meals Pre-Order.
Inovasi
ini memberikan kemudahan bagi pelanggan memilih dan memesan makanan dan minuman
sesuai keinginan yang nantinya akan dinikmati selama perjalanan dengan KA.
Selain itu, pelanggan juga dapat
menentukan lokasi dan waktu penyajian makanan.
“KAI
Access merupakan salah satu upaya untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan
KAI dan selanjutnya akan dikembangkan dengan layanan lain sehingga penumpang
akan semakin mudah dalam mendapatkan produk KA dan layanan terkait sesuai
kebutuhan penumpang,” ujar Direktur Utama PT KAI, Eddy Sukmoro dalam keterangan
resmi yang diterima KONTAN, Sabtu (26/11).
Inovasi
ini dilakukan KAI melalui anak usahanya PT Reska Multi Usaha yakni perusahaan
yang khusus mengelola restorasi selama perjalanan di atas KA.
Dengan
layanan pre-order meals melalui KAI Access ini, para pengguna jasa KA dapat
melakukan pemesanan miniamal dua hari sebelum keberangkatan. Pemesanan dapat
dilakukan saat memesan tiket melalui aplikasi KAI Access.
Setelah
pemesanan tiket berhasil dilakukan, pada halaman smartphone akan muncul link
“Meals Pre-Order” yang ketika diklik akan muncul daftar pilihan menu makanan,
minuman, dan snack yang bisa dipesan.
Setelah
memilih menu makanan atau minuman yang akan dipesan akan muncul total harga
pesanan yang dapat dibayarkan melalui ATM ke rekening Reska Multi Usaha yang
tercantum pada email/sms notifikasi pemesanan yang diterima pelanggan.
Pembayaran
dapat dilakukan maksimal tiga jam setelah notifikasi konfirmasi pembelian
diterima pelanggan. Ke depan, pelanggan dapat melakukan pembayaran layanan ini
dengan menggunakan kartu kredit.
Namun,
untuk sementara, layanan pre-order meals ini hanya dapat dinikmati pada KA di
Pulau Jawa. Bagi masyarakat yang telah
membeli tiket KA di channel eksternal lainnya namun ingin juga melakukan
pre-order meals, dapat mengakses website https://tiket.kereta-api.co.id/ dan
meng-klik banner “Meals Pre-Order” atau
melalui aplikasi KAI Access.
Pelanggan
tinggal mengetikkan kode booking tiket KA untuk dapat mulai memilih menu yang
tampil di layar komputer atau smartphone.
Sebelumnya,
Reska Multi Usaha telah melakukan inovasi denganmeluncurkan layanan pemesanan
makanan dan minuman pre order (pre-order meals) untuk di perjalanan melalui
website https://tiket.kereta-api.co.id.
Sumber
: Kontan, 27.11.16.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar