KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Start
up sewa gudang Paket Delivery (Pakde) beri solusi outsourcing sewa
gudang dan manajemen stok bagi para pelaku e-commerce dan toko daring (online shop).
Pakde telah membuktikannya dalam
proses internal. Saat ini Pakde telah dapat melakukan pengiriman hingga 3500
order per bulan dengan nilai investasi tahun ini mencapai US$ 1 juta.
Pakde hadir untuk menjadi solusi
operasional logistik Usaha Kecil Menengah (UKM) berbasis
online di Indonesia. "Dengan layanan yang kami sediakan, kami harap dapat
memudahkan para pelaku bisnis untuk fokus mengembangkan produk dan pemasaran
bisnisnya. Itulah misi utama kami,” tutur Nicko Batubara, Chief Executive Officer
Paket Delivery dalam siaran pers Sabtu (21/4).
Nicko bilang solusi yang disediakan
oleh Pakde ini dalam dunia bisnis internasional digolongkan sebagai layanan
e-commerce fulfillment. Layanan ini merupakan solusi dari pihak ketiga untuk
menyediakan langkah-langkah penerimaan, pemrosesan, dan pengiriman order kepada
pelanggan. Di Indonesia, belum banyak perusahaan yang menyediakan jenis layanan
ini.
Proses bisnis Pakde dibagi dalam
tiga proses. Pertama, proses inbound saat pihak Pakde menerima produk klien,
melakukan pengecekan kualitas, dan stok produk didata oleh pihak Pakde agar
bisa langsung dilaporkan kepada klien. Layanan inbound ini bisa diperoleh dari
Pakde hanya dengan ongkos mulai dari Rp 2.000 per item.
Kedua, layanan gudang. Pada level
ini, produk tersebut disimpan di gudang Pakde, ditempatkan pada rak yang
tersedia. Tarif untuk jasa gudang ini ditawarkan mulai dari Rp 10 per produk
per hari. Dengan biaya yang sangat terjangkau seperti ini klien mendapatkan
penurunan biaya penyimpanan yang sangat signifikan.
Ketiga adalah proses outbound, di
mana Pakde menerima pesanan yang dikirim oleh klien ke pihak Pakde agar dapat
diproses dengan melakukan pengecekan kualitas dan pengemasan. Pesanan ini
kemudian dikirimkan langsung kepada pelanggan yang telah bertransaksi dengan
klien Pakde. Layanan outbound ini dapat diperoleh dengan tarif Rp 2.000 per
transaksi.
Memperkuat tawaran flesibilitas yang
ditawarkan, Pakde juga sanggup menyediakan proses inbound dan outbound untuk
level event atau bazar yang akan diikuti oleh klien. Klien dapat memantau stok
dan transaksi secara online melalui website www.pakde.co.id.
Salah satu klien yang telah
mencicipi efisiensi yang disediakan Pakde adalah MORAL, sebuah label pakaian
high-street ready-to-wear sejak Oktober 2017.
Sumber : Kontan, 22.04.18.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar