Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian
Perhubungan memberikan tiga jenis penghargaan yakni Prima
Utama, Prima Madya, dan Prima Pratama kepada 17 stasiun
kereta.
Pemberian penghargaan ini diberikan
seiring dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemberian penghargaan ini bentuk wujud nyata peran Kementerian
Perhubungan dalam upaya membangun semangat dan mendorong kreativitas seluruh
unit pelayanan di lingkungan Perhubungan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik
sektor transportasi kepada masyarakat pengguna jasa.
“Kita menyadari bahwa tuntutan
masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik sektor transportasi
semakin tinggi dan beragam. Oleh karena itu, pelayanan publik sektor
transportasi harus direspons secara cepat baik oleh regulator maupun operator
transportasi,” kata Budi Karya di Jakarta pada Senin (17/9/2018).
Dalam hal ini dia mengatakan
pemenuhan tuntutan tersebut akan berimplikasi luas pada persepsi masyarakat
terhadap kesungguhan pemerintah dalam memperbaiki pelayanan,yang dapat
memengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.
Sebaliknya, pelayanan publik yang
kurang baik merupakan salah satu variabel yang dapat menyebabkan munculnya
krisis kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.
Oleh karena itu, tambahnya,
penilaian kinerja pelayanan publik mutlak diperlukan sebagai sarana evaluasi
dan barometer perbaikan kinerja pelayanan.
“Perbaikan kualitas pelayanan publik
yang semakin baik akan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan
membangun kepuasan masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat kepada regulator
maupun operator transportasi dapat terbangun,” paparnya.
Adapun 17 stasiun kereta yang
mendapatkan penghargaan antara lain Stasiun Besar A Gambir yang
mendapat penghargaan Prima Utama, Stasiun Besar A Semarang Tawang yang mendapat
penghargaan Prima Madya, dan Stasiun Besar A Semarang Poncol yang
mendapat Prima Pratama.
Sumber : Bisnis, 17.09.18.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar