KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Gojek
luncurkan Gojek Wirausaha yang merupakan program pelatihan bisnis untuk
para pemilik UMKM dalam bentuk tatap muka. Program ini bertujuan untuk
memberikan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis agar para pelaku UMKM bisa
naik kelas dengan teknologi digital. Target dari Gojek Wirausaha ialah 35.000
UMKM yang ada di 25 kota di Indonesia.
"Kami bekerjasama dengan banyak
pihak. Jadi ada komunitas, instansi pemerintah karena tidak mungkin kami
mendorong UMKM sendiri. Kami mengajak komunitas yang ingin bergabung di
pelatihan Gojek bisa mengirimkan email di wirausaha@gojek.com. Kami akan buat
pelatihan berdasarkan level kesiapan UMKM," tutur Vice President Public Affairs
Gojek Astrid Kusumawardhani usai acara peluncuran di Jakarta Selatan,
Rabu (20/2).
Berdasarkan data dari Kementerian
Koperasi dan UKM tahun 2018 mayoritas UMKM saat ini berada ditingkat usaha
mikro sekitar 98,7%. Yang sudah naik ke usaha kecil sekitar 1,20%, usaha
menengah sekitar 0,09% dan usaha besar hanya berporsi 0,01%.
Polemik inilah yang menjadi
pendorong Gojek Wirausaha tercipta. "Ketika UMKM ingin naik kelas dari
mikro ke kecil, atau dari kecil ke menengah dan usaha besar itu banyak
tantangannya. Akses ke teknologi, akses ke pasar juga ke pengetahuan dan skill.
Tiga hal ini yang ingin Gojek Wirausaha bantu agar para UMKM bisa naik kelas
dengan teknologi," tambah Astrid.
Kelas pertama dari program Gojek
Wirausaha akan digelar pada Senin esok (25/2) di Jakarta Creative Hub.
Sementara untuk kota lain nantinya akan berdasarkan roadshow. "Untuk di
kota lain nanti kita plan berdasarkan roadshow. Jadi kami bekerjasama dengan
banyak pihak, tahun lalu sudah ada MoU dengan Muslimat NU nanti kita bisa bantu
berdasarkan demand dari partner kami," ungkap Astrid kepada Kontan.co.id.
Gojek Wirausaha ini telah berjalan
sejak 2018 lalu. Sudah lebih dari 2.200 pelaku UMKM dilatih dari 14 kota di
Indonesia. Pelatihan melibatkan 24 komunitas dan institusi pemerintah.
Melalui Go-Food dan
Go-Pay tantangan akses pasar yang lebih luas serta akses teknologi akan
lebih mudah teratasi nantinya. Dimana, UMKM yang tergabung dengan ekosistem
Gojek dapat terhubung dengan ratusan juta pengguna Gojek.
"Hingga saat ini Gojek telah
bermitra dengan lebih dari 400.000 merchant dimana 80%
diantaranya UMKM kuliner. Melalui pelatihan ini Gojek menyediakan paket lengkap
bagi UMKM yakni akses pasar yang lebih luas dengan masuk ke ekosistem Gojek,
akses teknologi melalui platform Gojek sekaligus akses ke peningkatan kemampuan
dan pengetahuan dengan pelatihan dan modul," terang Chief Commercial Expansion Gojek
Catherine Hindra Sutjahyo.
Sumber : Kontan, 20.02.19.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar