KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pebisnis e-commerce kian
gencar menggaet usaha mikro kecil menengah (UMKM) guna memperbesar jumlah
merchant pada situs belanjanya. Kini yang sedang gencar dijalankan pelaku situs
online adalah mendukung kegiatan pemerintah yang mendorong UMKM Go Digital.
Beberapa e-commerce mulai melakukan gerakan untuk mewujudkan UMKM Go Digital.
Blibli.com salah satunya, saat ini sekitar 2.500
pelaku UMKM bergabung di di Blibli.com. Blibli mengaku gencar dalam
menggaet pebisnis baik dari skala UMKM hingga besar, hanya saja fokus mereka
saat ini menggaet UMKM untuk go digital yang sudah berjalan sejak 2016 lalu dan
menargetkan 5.000 pelaku UMKM di 2018.
Geoffrey
L. Dermawan, VP Merchant Development Improvement & Operation Blibli.com mengatakan, kontribusi pelaku UMKM masih di
bawah 20%. Tapi ia menilai ini bisa menjadi peluang besar bagi pelaku
UMKM Indonesia lainnya untuk berkontribusi pada penjualan online.
Kuliner dan fesyen memiliki potensi paling besar dalam
pertumbuhan bisnis Blibli.com
Menurut Geoffrey, UMKM adalah tulang punggung
perekonomian Indonesia dengan lebih dari 65 juta UMKM yang tersebar di
Indonesia, melihat sisi itu Blibli merasa mampu membantu pelaku UMKM
memperkenalkan produknya pada masyarakat dan akan dipasarkan hingga ke manca
negara.
Kegiatan yang dilakukan Blibli yakni roadshow ke
kota-kota untuk melakukan training dan bekerjasama dengan kementerian, LSM,
dinas pemerintahan, dan asosiasi. Kini sudah ada lebih 120 kegiatan yang
dilakukan di 30 kota seperti di daerah Sumatra, Jawa, Bali, Makassar dan masih
banyak lagi, tahun ini akan ada 10 kota baru yang akan dikunjungi.
“Porsi UMKM yang sudah berbenah masih sangat kecil salah
satu faktornya pendidikan dan minimnya pengetahuan serta pengertian terhadap
kebutuhan pasar”, terang Geoffrey kepada KONTAN (7/2).
Untuk membantu UMKM berbenah menuju produk berkualitas
dibutuhkan dukungan serta bantuan dari pelaku, institusi pembiayaan, serta
pemerintah.
Blibli.com mengaku tidak mengincar perusahaan besar
karena menurut pihaknya perusahaan besar sudah memiliki tim sendiri untuk
bekerjasama dengan e-commerce.
“Pelaku UMKM ini membutuhkan sales dan 90%
memiliki masalah permodalan” tambah Geoffrey.
Selain itu yang kerap menjadi masalah adalah standarisasi
produk serta kualitas yang bagus dan baik. Disinilah Blibli berperan membantu
dalam promosi melalui e-commerce, membantu pembayaran melalui shipping,
membantu moda pembayaran penjualan produk baik online maupun instore.
Sumber : Kontan, 07.03.18.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar