KONTAN.CO.ID
- JAKARTA. Sejumlah produk asal Indonesia menjadi kontributor utama pada momen festival belanja 11.11 yang digelar Alibaba. Tercatat produk internasional yang paling banyak diminati konsumen China
selama Festival Belanja Global 11.11 Alibaba tahun ini mencakup produk
perawatan diri dan suplemen kesehatan.
Sementara
itu, produk perawatan rambut Ellips dan sarang burung walet XIAONIAO menjadi merek Indonesia yang paling diminati
pada Festival 11.11 2020.
Posisi
keduanya diikuti oleh brand Kara, Gemez, dan Tays Bakers. Selain itu, YOU C1000
dan Indomie juga termasuk dalam jajaran merek terkemuka pada festival ini.
Presiden Direktur PT Kino Indonesia Tbk, selaku produsen
Ellips, Harry Sanusi mengatakan jika peningkatan permintaan produk dalam
partisipasi kali ini, sejalan dengan misi perluasan pasar perusahaan.
“Tmall
Global, sebagai salah satu pintu masuk utama ke pasar Tiongkok, memberikan kami
banyak manfaat dimana kami dapat mempertahankan dan meningkatkan performa kami
di pasar China. Dari pengalaman kami, kami melihat bagaimana minat konsumen
terhadap produk perawatan rambut kami, dan demikian juga terhadap produk
perawatan pribadi lainnya produksi Kino Indonesia, turut meningkat secara
signifikan,” kata Harry dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Senin
(23/11).
Tak
hanya Ellips, minat yang tinggi juga dirasakan oleh XIAONIAO yang untuk pertama
kalinya berpartisipasi pada Festival 11.11 2020. Perusahaan ini tercatat telah
melakukan ekspor produk sarang burung walet ke China sejak 2011 dan ingin
memperluas penjualan secara digital.
“Setelah
XIAONIAO menjadi merek sarang burung Indonesia pertama yang telah diluluskan
oleh pemerintah China untuk ekspor pada 2011, brand kami sudah dikenal oleh
para supplier besar melalui penjualan wholesale. Maka itu, dengan perkembangan
pesat dunia digital, tahun ini kami ingin lebih fokus untuk menjangkau pasar
online retail – dan platform Alibaba telah memfasilitasi tujuan ini,” kata Boedi Mranata, CEO of XIAONIAO.
Alibaba
melaporkan bahwa semakin banyak merek internasional yang berpartisipasi dalam
Festival 11.11 dengan diluncurkannya 2.600 merek internasional baru.
Festival
kali ini diikuti oleh 31.766 merchant lintas batas, lebih banyak dibandingkan
dengan tahun lalu yang menjaring 22.000 merchant internasional dari 78 negara
dan wilayah.
Tahun
ini, Festival 11.11 Alibaba mencatatkan penjualan kotor senilai RMB498,2
miliar atau sekitar Rp 107,7 triliun. Jumlah ini naik 26% dibandingkan dengan
capaian pada tahun sebelumnya.
Alibaba
menyebutkan produk Indonesia yang paling populer pada Festival Belanja Global
11.11 Alibaba mencakup produk perawatan rambut, suplemen makanan, sarang burung
dan produk gizi, tas wanita, dan minuman.
Sementara
merek dengan pembelian lintas batas paling populer mencakup Ellips, Xiaoniao, Kara, Gemez, Tays Bakers, dan diikuti oleh
brand lainnya seperti YOU C1000 dan Indomie.
Sumber : Kontan, 23.11.2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar