Bisnis.com, SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia
meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang melalui peresmian fasilitas
mencetak tiket sendiri.
Layanan itu merupakan sistem rintisan yang
diselenggarakan pertama kali di Stasiun Tawang, Semarang dan selanjutnya akan
diterapkan secara paralel ke beberapa stasiun kereta api.
Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito
menyatakan layanan itu disediakan di stasiun besar seperti Tawang, Lempuyangan
dan Tugu Yogyakarta, Bandung, Gambir Jakarta juga Pasar Turi Surabaya.
"Layanan merupakan dukungan khususnya antisipasi
angkutan Lebaran 2014. April nanti semua stasiun besar diharapkan sudah
memiliki fasilitas cetak tiket sendiri," katanya seusai meresmikan layanan
customer service dan tiket baru, Sabtu (28/12/2013).
Sistem cetak tiket mandiri, ujarnya, akan mempermudah
calon penumpang mendapatkan tiket tanpa perlu mengantri di loket. Calon
penumpang memasukkan kode pemesanan tiket, nomor identitas dan nama stasiun
keberangkatan sesuai struk atau notifikasi pembayaran tiket ke dalam komputer.
"Setelah semua data lengkap dimasukkan, tiket resmi
sudah langsung tercetak. Intinya mempermudah pelanggan," tuturnya.
Kepala PT KAI Daop 4 Semarang Totok Suryono berharap
penerapan konter tiket dan customer service segera diberlakukan juga di Stasiun
Poncol, Semarang.
"Kalau sesuai rencana, semoga 2 bulan lagi dibuat di
Poncol, persiapanya tidak lama, yang di Tawang hanya 3 minggu sudah jadi,"
ujarnya.
Pembangunan loket tiket itu ditujukan bagi peningkatan
pelayanan kepada pelanggan melalui perubahan peningkatan pelayanan tanpa
membedakan calon penumpang kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif.
"Ada juga mobile customer service untuk mendekatkan
KAI dengan pelanggan, terutama yang membutuhkan informasi dan pelayanan
sehingga tidak perlu datang antre ke loket."
Layanan pelanggan beroperasi pukul 07.00-21.00 WIB,
sedangkan loket tiket berlaku 24 jam. Saat ini, pembelian tiket untuk semua
kelas dapat melalui pusat kontak 121, Android, Blackberry, internet, Indomaret,
Alfamart juga kantor pos. Untuk pembayaran pemesanan tiket KA antara lain di
Bank BNI, dan BCA.
Sumber : Bisnis Indonesia, 29.12.13.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar