JAKARTA _ Indonesia akan terus menjadi pasar yang
menggiurkan bagi para produsen asing untuk mengembangkan bisnisnya. Tercatat,
pada 2013 Indonesia merupakan pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara dengan
total penjualan mencapai 14,8 juta unit atau senilai USD 3,33 miliar setara
Rp39,4 triliun.
Menurut penyelenggara Indonesia Cellular Show 2014,
Dyandra Promosindo, seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/6/2014), dengan angka
itu, Indonesia berkontribusi sekira 30 persen bagi total penjualan smartphone
di Asia Tenggara, diikuti Thailand dan Malaysia, mengutip laporan lembaga riset
GFK Asia.
Menurut International Data Corporation (IDC), sebuah
lembaga periset pasar internasional, pertumbuhan penjualan smartphone 12 persen
dan tablet tumbuh 18 persen dibanding tahun 2013.
Menurut laporan dari eMarketer, perusahaan peneliti
pasar, pengguna telefon seluler di seluruh dunia akan mencapai 4,55 miliar
tahun 2014 ini, walaupun di satu sisi, penjualan PC diprediksi masih tetap
berkutat di angka 6 persen.
Peningkatan pendapatan kelas menengah di Tanah Air
menjadi salah satu faktor semakin konsumtifnya masyarakat Indonesia, termasuk
untuk produk telekomunikasi yang paling mutakhir.
Sepanjang sejarah perkembangan sektor telekomunikasi di
Indonesia, terus terjadi pergeseran dan perubahan kebutuhan maupun selera
masyarakat terhadap pilihan ponsel. Hal ini ditunjang pula oleh harga
smartphone yang semakin terjangkau.
Sumber : OkeZone, 04.06.14.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar