KONTAN.CO.ID -
JAKARTA. Lima poin yang harus dimiliki UMKM agar mampu berkompetisi
adalah, produk yang menjawab kebutuhan masyarakat, pengelolaan bisnis yang baik
dan berkesinambungan, brand image yang baik, pengetahuan akan pemasaran produk
secara digital dan terakhir adalah logistik yang cepat, aman serta mudah.
Dalam hal poin logistik, Grab melalui GrabExpress
memberikan kemudahan para UMKM di Indonesia melalui lima fiturnya. Kelima fitur
tersebut diantaranya,
Pertama,
pengiriman antar kota di Pulau Jawa dengan Ninja Xpress,
dimana pengirim juga dapat memilih waktu penjemputan dan akan dapat memonitor
proses pengiriman barang barang akan langsung diambil oleh kurir di lokasi
pengirim fitur ini baru tersedia bagi pengguna di Jabodetabek.
"Baru Pulau Jawa dan ke depan untuk luar pulau kita
masih jajaki dan kembangkan melalui pengalaman di Pulau Jawa ini dulu,"
tutur Ridzki Kramadibrata President of Grab Indonesia saat acara pelatihan bagi
wirausahawan dan pengenalan fitur GrabExpress di Sopo Del Tower, Jakarta, Kamis
(25/7).
Fitur
kedua adalah langganan paket hemat, di fitur ini para pengguna
GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat untuk menikmati harga
pengiriman yang lebih hemat. Saat ini fitur hemat baru tersedia di Jabodetabek,
Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang,
Yogyakarta, dan Lampung.
Ketiga
adalah fitur pengiriman instant dan same Day. Pada fitur ini dapat
menjamin bahwa paket pengguna akan tiba dalam waktu kurang dari 3 jam setelah
waktu pengambilan. Armada GrabCar dapat membantu pengiriman barang dengan berat maksimal
150 kg dan Grab Bike seberat 15 kg.
Sedangkan untuk wilayah Jakarta sendiri tersedia fitur
Same Day di mana pengguna bisa mengirim barang dengan lebih hemat dan sampai di
hari yang sama.
Keempat,
pengguna dapat memantau proses pengiriman melalui pelacakan lokasi kurir di
fitur Bukti Pengiriman & Pelacakan Langsung.
Nantinya pengguna akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan
diambil kurir pada saat pengambilan dan penerimaan barang.
Tak hanya itu Grab juga menyediakan asuransi untuk barang
yang dikirimkan.
Fitur
kelima adalah Kirim ke Banyak Tujuan & Banyak
Pemesanan Sekaligus. Di fitur ini pengirim dapat melakukan pengiriman
pada aplikasi GrabExpress hingga kelima alamat dalam satu pesanan, namun untuk
fitur Ini masih tersedia di kota Jakarta, Bandung, Makasar, Medan, dan
Surabaya.
"Jadi kalau dulu kalau mau kirim ke lima lokasi,
akan perlu booking terus tunggu itu selesai trus booking lagi. Nah sekarang
kita bisa lakuin 10 booking dalam waktu bersamaan. Bisa juga sekarang dalam
satu kali booking menuju lima lokasi dan semua barang dibawa satu driver yang
sama," jelas Tyas Widyastuti Head of GrabExpress, Grab Indonesia.
Sementara itu untuk fitur Pesan Banyak Sekaligus,
pengguna dapat memesan hingga 10 Mitra pengemudi dalam waktu yang bersamaan.
Uniknya melakui kedua fitur ini pengguna GrabExpress dapat melakukan pengiriman
hingga ke 50 alamat berbeda.
"Fitur ini memudahkan pengguna, nah kalau driver
akan mendapat kompensasi, misal ada multistop dia akan berinteraksi dengan
penerima yang berbeda akan ada tambahan tarif disitu," jelas Tyas.
Dijelaskan Tyas bahwa 30% pengguna GrabExpress adalah
wirausahawan mikro yang berjual melalui online, baik melalui Whatsapp, FB,
instagram dan ecommerce platform merger dengan GrabExpress.
Wirausahawan yang sudah merasakan manfaat adanya
GrabExpress dalam mendukung proses logistik bisnis mereka adalah Yassa Singgih
Owner Men's Republic dan Jessica Yamada Co-Founder Dapurfit.
Yassa sendiri menyebut bahwa sekarang usahanya secara
pengiriman dengan cepat bahkan dapat dihari yang sama untuk wilayah Jakarta
dengan GrabExpress. "Misal orang butuh sepatu saya dulu harus tunggu
paling cepet satu hari sekarang bisa dapat datang dihari yang sama, sehingga
itu tingkatkan kepercayaan customer buat produk saya," terang Yassa.
Begitu pula Dapurfit yang dahulu selalu merasa kewalahan
saat mendapat pesanan yang membludak di hari yang sama. Kini Dapurfit
dijelaskan Jessica tak takut menerima pesanan tanpa harus close order.
GrabExpress juga banyak membantu Dapurfit mengirim pesanan diluar jangkauan
wilayah kurir Dapurfit.
"Dulu kita ada kurir sendiri cuma kalau ada pesenan
kebanyakan kita close order, kalau ada yang ngga kejangkau kita pakai
GrabExpress. Sekarang kita ngga perlu close order, dan apalagi kita ini makanan
jadi pengiriman yang aman, cepat, mudah itu penting," sambung Jessica.
Jessica dan Yassa juga senada bahwa dengan menggunakan
GrabExpress cukup membuat peningkatan penjualan. Hal tersebut lantaran bangak
testimoni dari pelanggan yang puas dengan pelayanan dari Men's Republic dan
Dapurfit. Namun sayang jumlah pasti peningkatan keduanya belum dapat
menyampaikan.
"Sejak ada GrabExpress ada peningkatan tapi saya
ngga ngitung dari titik berapa ke berapa tapi yang jelas sekarang banyak driver
Grab yang datang ke gudang saya daripada sebelumnya," kata Yassa.
Sumber : Kontan, 25.07.19.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar