JAKARTA.
PT
Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menargetkan kedepannya bisa menjadi national
payment gateway terbesar di bisnis e-commerce.
Hal
ini didukung dengan adanya satelit BRISat yang rencananya akan diluncurkan pada
pertengahan Juni ini.
Selain
itu, untuk mewujudkan target tersbut, pada Kamis (16/6) ini BRI melakukan
penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank BRI dengan beberapa
merchant online.
Direktur
Consumer Banking BRI, Sis Apik Wijayanto mengatakan, saat ini BRI sudah
mempunyai beberapa platform untuk mensukseskan diri menjadi national payment
gateway terbesar di bisnis e-commerce.
Sis
mengatakan di sistem pembayaran e-commerce, BRI mempunyai e-pay BRI yang telah
memiliki lebih dari 100 merchant online dengan beragam jenis usaha di seluruh
Indonesia.
“Selain
itu, e-pay BRI juga memiliki keunggulan yaitu source pembayaran uang elektronik
T-bank, sehingga dapat digunakan bagi mereka yang belum memiliki rekening,”
ujar Sis Apik, Kamis, (16/6).
Sebagai
informasi, menurut Sis, E-pay sebagai produk e-commerce BRI telah dikembangkan
sejak tahun 2012.
Dari
berbagai sisi, e-pay BRI selalu menunjukkan trend yang positif. Untuk transaksi
e-pay BRI per posisi April 2016, tercatat kenaikan sebesar 309% year on year.
Sedangkan dari sisi merchant, rata-rata penambahannya tercatat 20% setiap
tahunnya.
Selain
e-pay BRI, Sis mengatakan Bank BRI memiliki produk kartu kredit yang juga dapat
digunakan dalam sistem pembayaran pada bisnis e-commerce.
Sebagai
informasi, Bank BRI telah mengembangkan produk kartu kredit berbagai jenis
sejak tahun 2016, mulai dari kartu kredit standard, gold, platinum, visa touch,
visa infinite, corporate card, business card dan co-branding.
Hingga
saat ini, jumlah pemegang kartu kredit Bank BRI tercatat sebanyak 1,23 juta
cardholder, dengan rata-rata transaksi sebesar Rp. 397 milyar per bulan.
Untuk
kartu kredit BRI menurut Sis, tercatat beberapa fitur yang bisa dimikmati
merchant dan nasabah adalah Visa 3D Ssecure, SMS notifikasi untuk setiap
transaksi, program promo menarik, serta free alias tanpa dipungut annual fee
bagi cardholder (free annual fee for life).
Khusus
untuk kartu kredit BRI dalam kaitannya dengan transaksi e-commerce, Sis Apik
mengatakan saat ini Bank BRI telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 50
merchant baik untuk program regular seperti Cicilan 0% dengan tenor sampai
dengan 24 Bulan, maupun program tactical untuk momen tertentu.
Merchant-merchant e-commerce yang bekerjasama dengan Bank BRI beraneka ragam
seperti market place, segmented, maupun general.
Adapun
rata-rata transaksi perbulan pada merchant e-commerce, yaitu sebesar 2.868
transaksi dengan sales volume rata-rata sebesar Rp 10,5 miliar.
Selain
program promo, kerjasama yang terjalin antara Bank BRI dan merchant e-commerce,
yaitu dalam hal layanan payment gateway.
Sampai
saat ini merchant e-commerce yang telah memiliki payment gateway Bank BRI
seperti McDelivery.co.id, Go-Tix, Tokopedia, dan sebagainya.
Sumber
: Kontan, 16.06.16.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar