KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gojek mengumumkan akuisisi terhadap Moka, perusahaan teknologi penyedia layanan aplikasi
sistem kasir digital di Indonesia pada hari ini.
Aksi korporasi ini membuat Gojek
dan Moka menggabungkan layanan untuk memberikan solusi yang terintegrasi bagi
mitra usaha (merchant), terdiri dari pembayaran, pengantaran makanan, dan
sistem Point Of Sale (POS), sehingga mendukung pertumbuhan dan digitalisasi
UMKM di Indonesia, baik usaha online maupun offline.
Moka sendiri, telah dipercaya
oleh 40.000 pebisnis di 200 kota di Indonesia memberikan solusi yang terdiri
dari perangkat POS, sistem pembayaran, pembukuan, hingga pengadaan bahan baku,
dan peminjaman modal usaha.
Sedangkan Gojek, lewat layanan GoBiz, merupakan digunakan para pemilik usaha dan
digunakan oleh jaringan kuat lebih dari 500.000 mitra merchant di Indonesia, di
mana 96% dari angka tersebut adalah UMKM.
Selama ini, pelaku usaha masih
harus melakukan beberapa tindakan operasional secara terpisah pada aplikasi
yang berbeda. Misalnya, mereka harus memproses pesanan offline menggunakan
sistem POS dari Moka dan menerima pesanan GoFood melalui GoBiz.
Melalui akuisisi ini, kedua
perusahaan bisa menggabungkan layanan tersebut agar semakin memungkinkan mereka
untuk membantu lebih banyak usaha kecil melakukan migrasi ke sistem online dan
memperkecil jarak antara platform offline dan online. Akuisisi ini juga akan
mempercepat pertumbuhan jaringan pelaku usaha Moka dengan menyediakan akses
terhadap ratusan juta pengguna Gojek di seluruh Indonesia.
“Di saat dampak COVID-19 semakin
terasa, kita melihat bahwa bisnis-bisnis online memiliki ketahanan yang lebih
baik dibandingkan bisnis offline yang sangat tergantung kepada kedatangan fisik
konsumen. Kami selalu berupaya untuk membantu lebih banyak bisnis offline
menuju bisnis online untuk ikut mengembangkan ekonomi digital dan bekerja
dengan Moka dan jaringan pelaku usahanya akan membantu kami untuk mempercepat
terwujudnya misi ini," ujar Andre
Soelistyo, Co-CEO Gojek, dikutip dari
keterangan resmi yang diterima Kontan, Kamis (30/4).
Andre melanjutkan, pihaknya akan
senang bekerja dengan seluruh tim Moka karena dedikasi terhadap misi mereka
yang sejalan dengan nilai-nilai yang dianut Gojek.
Sementara itu, Haryanto Tanjo, CEO dan
Co-Founder Moka menyampaikan pihaknya
juga sangat bersemangat menjadi bagian dari ekosistem Gojek dan mengakselerasi
misi membantu usaha kecil untuk terus tumbuh.
"Gojek adalah aplikasi
konsumen terbesar di Indonesia dan integrasi ini akan membuka akses jaringan
para pelaku usaha kepada ratusan juta pengguna platform Gojek dan mendapatkan
transaksi langsung dari layanan seperti Gojek," ungkap Haryanto.
Ia melanjutkan, Moka akan terus
beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan ekosistem merchant
Gojek. Ekosistem tersebut terdiri dari GoBiz, aplikasi untuk para merchant dari
Gojek yang menaungi GoFood,
GoPay, dan layanan-layanan lainnya
seperti Midtrans, penyedia layanan pembayaran online terbesar di
Indonesia dan Spots, penyedia layanan pembayaran offline dan sistem POS.
Lewat penggabungan seluruh
layanan ini, Gojek bertujuan mempercepat pertumbuhan pelaku usaha melalui jasa
pengiriman makanan online, pembayaran, promosi, dan di saat yang sama,
mendukung kinerja operasional mereka melalui layanan POS, inventaris, dan
perangkat manajemen.
Sumber : Kontan, 30.04.2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar