17 Juli 2012

[130712.ID.BIZ] Sepakat Damai, Yahoo - Facebook Bentuk Aliansi Periklanan


SAN FRANSISCO - Dua perusahaan raksasa internet, Yahoo dan Facebook akhirnya memilih  bekerja sama membawa pengiklan untuk mempromosikan produk mereka di Yahoo maupun situs Facebook. Cara damai ini ditempuh dibandingkan mereka harus saling menggugat atas paten yang selama ini dipersoalkan.

"Kami mengembangkan kemitraan lebih dengan Facebook. Dan, saya berterima kasih kepada Sheryl Sandberg dan tim yang telah bekerja keras bersama tim kami untuk merealisasikan perjanjian ini," ujar Ross Levinsohn, yang saat ini menjabat sebagai CEO sementara Yahoo seperti dikutip Telegraph (9/7).

Sebelumnya, aksi saling gugat hak paten kedua perusahaan ini terjadi sejak Maret lalu. Yahoo merasa dirugikan dan mengganggap Facebook melanggar 10 hak paten teknologi Yahoo yang telah didaftarkan di Amerika Serikat (AS).

Menurut Yahoo, pertumbuhan Facebook yang begitu cepat, bagaimanapun, didasari oleh penggunaan teknologi jejaring sosial yang telah dipatenkan Yahoo. Namun, dari 10 paten yang dipermasalahkan, sebagian besar merujuk pada periklanan online, termasuk cara penempatan iklan dan metode aksesnya. Hanya dua paten yang terkait dengan teknologi media sosial.
"Kami mampu menyelesaikan ini dengan cara yang positif dan berharap untuk bermitra erat dengan Ross dan kepemimpinan di Yahoo," kata Sheryl Sandberg, Chief Operating Officer Facebook.

Akhir untuk sengketa paten ini membebaskan Facebook dari tantangan potensial situs jaringan sosial ini.

Ross Levinsohn sendiri yang saat ini menjabat sebagai CEO sementara Yahoo, tampaknya tak ingin melanjutkan obsesi sang pendahulu yang bersemangat menggugat Facebook. Ia menyelesaikan masalah hak paten dengan cara menjalin kemitraan yang baik bersama Facebook.

Chief Operating Officer Facebook, Sheryl Sandberg, dinilai juga punya peran besar dalam negosiasi dan perdamaian ini. Ia berpendapat, pemimpin Yahoo yang baru harus berfokus pada inovasi yang dapat menghasilkan produk bagus untuk pengguna.

"Bersama, kami akan memberikan pengalaman sosial bagi pengguna sekaligus memberikan nilai untuk pemasaran," ucapnya.(esy/jpnn)
Sumber : JPNN, 10.07.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar