21 April 2013

[210413.ID.BIZ] Sengketa Media Sosial : Timelines.Com Gugat Facebook

BISNIS.COM,JAKARTA--Situs sosial media terkemuka Facebook tengah menghadapi tuntutan dari situs Timelines.com karena telah menggunakan istilah 'timeline' dalam produknya.

Timelines Inc., yang mengoperasikan situs tersebut, mengajukan gugatan terhadap Facebook pada September 2011 atau seminggu setelah layanan sosial media itu mengumumkan mereka beralih dari tampilan 'wall' ke 'timeline' yang menggunakan skema kronologis.

Seperti diberitakan oleh Bloomberg, Senin (22/4), persidangan tersebut dijadwalkan digelar pada 22 April. Timelines menginginkan Facebook berhenti memakai kata 'timeline' karena istilah tersebut dan skema kronologisnya sudah lebih dulu dikenal oleh pengguna internet sejak 2009.

Timelines Inc. sendiri memiliki sekitar 94 ribu pengunjung tiap bulannya. Perusahaan yang berbasis di Chicago ini membebaskan penggunanya untuk membuat lini masa sendiri dan menambahkan berbagai kegiatan atau peristiwa yang terjadi, termasuk kegiatan olahraga, perang, eksplorasi luar angkasa, bahkan pembunuhan.

Penggugat meminta ganti rugi yang nilainya setara dengan pendapatan yang diterima Facebook dari iklan di timeline-nya.

Adapun pihak Facebook menyangkal tuduhan itu dan mengatakan istilah 'timeline' umum untuk mendapat hak paten sendiri dan karenanya tuntutan itu harus dibatalkan. (Bloomberg/if)

Sumber : Bisnis Indonesia, 21.04.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar