27 Desember 2016

[271216.ID.BIZ] Pabrik PBRX Terbakar, Sebagian Ekspor Tertunda

JAKARTA. Pabrik PT Pan Brothers Tbk (PBRX) di Sragen, Jawa Tengah baru saja terbakar. Kebakaran tersebut terjadi disaat  libur jelang Natal pada 24 Desember lalu. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Dari keterbukaan informasi, kronologi kejadian kebakaran diketahui oleh Satpam pabrik siang hari pada 24 Desember lalu. Pada saat tersebut pabrik ini libur sehingga tidak ada proses produksi di dalam pabrik.

Menurut Iswar Deni, Corporate Secretary PT Pan Brothers Tbk, alasan kebakaran sampai saat ini belum diketahui. Yang jelas, hanya ada satu pabrik yang ludes terbakar dan berisi mesin jahit dan barang sedang diproduksi serta barang jadi yang rencananya diekspor menjelang akhir tahun.

Sekadar informasi di Sragen ada tiga gedung pabrik yang beroperasi dengan kapasitas produksi sebanyak 3,5 juta potong garmen per tahun. Sampai berita ini diturunkan nilai kerugian dari kebakaran belum bisa dipastikan.

"Tapi ada sebagian garmen yang ekspor yang akhirnya harus tertunda ekspornya sampai Januari depan," kata Iswar saat dihubungi KONTAN, Selasa (27/12).

Ekspor tersebut baik di negara Asia, Eropa, dan Amerika Pasifik. Dengan kejadian ini, emiten berkode dagang PBRX ini akan menyiapkan line produksi baru untuk bisa menunjang produksi. Rencananya line baru ini akan ditambahkan di unit extension yang berlokasi seberang pabrik lama.

Butuh waktu enam minggu untuk set-up mesin dan pengoperasian produksi. Sekarang pabrik di Sragen ini masih kerja dua shift sampai line baru berjalan enam minggu ke depan. Sebenarnya, PBRX juga punya pabrik di Boyolali untuk bisa menunjang produksi, tetapi Iswar mengatakan dengan extension baru sudah cukup untuk nunjang produksi.

"Seluruh yang terbakar sudah diasuransikan, dan kami sudah berkoordinasi dengan pihak asuransi untuk bisa menyelesaikan dampak ini," kata Iswar.

Sumber : Kontan, 27.12.16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar