14 Oktober 2016

[141016.ID.BIZ] KA Logistik Gencar Ekspansi Bisnis

JAKARTA. PT Kereta Api Logistik (Kalog) gencar melakukan ekspansi bisnis. Guna mengejar target pendapatan sekitar Rp 1 triliun di tahun ini, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (KAI) ini berencana menambah lini bisnis baru dan memperkuat bisnis kurir serta kereta api kontainer.

Kalog berencana menambah dua gerbong barang dan kereta penumpang. Sayang manajemen tidak membeberkan nilai investasi yang digelontorkan untuk penambahan gerbong tersebut.

"Melalui Kalog Express, kita akan tambah satu gerbong B pada kereta barang Over Night Service (ONS) dan satu gerbong B pada kereta penumpang Anggrek Pagi. Semuanya dimulai pekan depan," kata Adjeng Putri, Corporate Communication Kalog pada KONTAN, Jumat (14/10).

Selain itu, Kalog juga meningkatkan kapasitas gerbong barang dari semula 5 ton menjadi 10 ton pada kereta Senja Utama Solo. Peningkatan ini sudah efektif sejak 13 Oktober 2016.

Saat ini Kalog melayani pengiriman barang dan dokumen untuk kota-kota yang dilalui jaringan rel kereta api di Pulau Jawa. Perusahaan telah memiliki tujuh rangkaian kereta yang dipakai melayani angkutan barang dengan rute Jakarta-Surabaya, Purwokerto-Jember, Bandung-Surabaya, Jakarta-Solo, Jakarta-Malang.

Sementara pengoptimalan kereta api kontainer dilakukan dengan merilis relasi baru dengan lintasan Sungai Lagoa Jakarta-Semarang Pethek dan Kalimas Surabaya-Semarang Pethek pada September lalu. Layanan tersebut diklaim mendapat tanggapan positif dari pasar mengingat sebagian besar distribusi barang selama ini masih dilayani truk.

Kalog optimistis layanan kereta api kontainer tersebut mampu berkembang dengan potensi angkutan dari dan ke Semarang sekitar 400 twenty foot equivalent units (TEUs) per bulan. Ini didukung oleh kondisi Semarang yang strategis termasuk tersedianya Terminal Petikemas Semarang di Pelabuhan Tanjung Emas.

Kini, Kalog telah memiliki lima rangkaian kereta kontainer. Selain melayani relasi baru tersebut, perusahaan sebelumnya juga telah memiliki layanan kontainer untuk relasi Pasoso Jakarta - Gedebage Bandung dan JICT Jakarta - Cikarang Dry Port Jawa Barat. Ke depan, Kalog berkomitmen akan terus mengembangkan jumlah relasi dan angkutan kontainer kereta api.

Sumber : Kontan, 14.10.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar