31 Oktober 2016

[311016.ID.BIZ] DHL Express Luncurkan Mobile Service Station

JAKARTA. DHL Express berinvestasi untuk pengadaan kendaraan operasional yang berfungsi sebagai Mobile Service Station (MSS). Kendaraan ini ditujukan untuk memangkas waktu layanan. MSS ini ditempatkan di kawasan segitiga emas Jakarta dengan membidik perusahaan-perusahaan di lokasi penting seperti Sudirman, Kuningan dan Sudirman Central Business District (SCBD).

Ahmad Mohamad, Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia mengatakan, saat ini baru ada satu unit mobil. Tahun depan, manajemen menargetkan bisa mengoperasikan empat mobil serupa. Untuk mendatangkan satu mobil dengan tipe Mercedes-Benz Sprinter 315 ini memakan biaya sekitar Rp 1,3 miliar.

Mobil tersebut dilengkapi dengan empat CCTV, timbangan, pemindai nirkabel, mesin pencitraan, heavy duty label printer dan konektivitas 4G untuk mengoperasikan jaringan DHL. Setiba di MSS, berkas bisa langsung diproses dan dikirim ke bandara untuk proses ekspor.

Satu unit mobil mampu melayani 50 ton kiriman dan memproses sampai dengan 50.000 pengiriman per tahun. "Kami membidik perusahaan-perusahaan perbankan," ungkapnya. "Meskipun bukan termasuk efisiensi, dengan investasi ini, kami ingin waktu layanan menjadi lebih efisien dan cepat," ujar Ahmad disela-sela peluncuran MSS di Jakarta, Senin (31/10).

Saat ini, perusahaan ingin memfokuskan layanan tersebut di wilayah Jakarta. Untuk daerah lain, perusahaan sudah menyusun rencana serupa. Namun berbeda cara. Misalnya saja dengan membidik wilayah Jawa Tengah yang dinilai memiliki pertumbuhan cukup pesat. "Saat ini permintaan pengiriman dari luar dan dalam negeri hampir seimbang," ujar Ahmad.

Saat ini di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, DHL Express memiliki tiga lokasi service center yakni Yogyakarta, Solo, dan Semarang. "Kami berencana pertengahan tahun depan bisa menghubungkan Jawa Tengah langsung ke Internasional lewat Semarang," imbuhnya.


Sumber : Kontan, 31.10.16.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar