26 Desember 2018

[261218.ID.BIZ] Kereta Api Galunggung Bandung-Tasik Dioperasikan, Gratis Sampai 25 Januari


Bisnsi.com, BANDUNG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Api (KA) Galunggung yang dioperasionalkan untuk melayani rute perjalanan Bandung-Tasikmalaya dan sebaliknya.

Peluncuran dilakukan di Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, Rabu (26/12/2018), oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro. Launching KA tersebut juga disaksikan oleh Fajar Harry Sampurno, Deputy Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Wakil Wali Kota Bandung, Kadishub Kota Bandung, Dandim Kota Bandung.

PT KAI pada peluncuran KA Galunggung ini memberlakukan perjalanan gratis hingga 25 Januari 2019 mendatang. Pada masa uji coba ini Train Set KA Galunggung terdiri dari emam unit kereta ekonomi dengan kapsitas 636 tempat duduk.

“Meskipun gratis, calon penumpang tetap harus memiliki tiket yang bisa didapatkan di loket stasiun lintas, tujuh hari sebelum keberangkatan,” ujar Edi seusai peluncuran.

Selain itu, kartu identitas yang berlaku juga wajib dibawa penumpang seperti KTP, SIM, atau Paspor. KAI juga menetapkan kuota tempat duduk pada KA Galunggung adalah sebesar 100%.

“Artinya, apabila kapasitas tempat duduk telah penuh, maka KAI akan menutup layanan pembelian tiket KA tersebut,” tutup Edi.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh calon penumpang kata Edi yakni satu orang pengantre hany dapat melakukan transaksi pembelian maksimal empat buah tiket. Namun, tiket gratis KA Galunggung tersebut tidak dapat diubah jadwal.

Sementara itu, untuk keberangkatan tanggal 26 Januari 2019 dan seterusnya, KAI menetapkan tarif sebesar Rp35.000,- untuk jarak terjauh dan Rp25.000,- untuk tarif parsial.

"KA Galunggung kami luncurkan juga untuk mendukung sarana angkutan natal dan tahun baru 2018/ 2019 . Kami menghimbau kepda seluruh penumpang KA Galunggung utntuk tetap mmperhatikan ketertiban dan keamanan baik ketika d stasiun maupun d dalam KA . Semoga dengan hadirnya KA Galunggung , dapat mnjadi salah satu alternatif transportasi bagi masyarakat Jawa Barat ", ujar dia.

Untuk diketahui, nama Kereta Api ini diambil dari nama Gunung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Gunung dengan ketinggian 2.168 m dml [di atas permukaan laut] ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Jawa Barat.

Terdapat dua objek wisata yang ada di Gunung Galunggung yaitu Kawah Galunggung yang memiliki danau hijau yang indah dan pemandian air panas Galunggung.

Edi berharap dengan adanya KA Galunggung dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata alam maupun wisata kreatif dari Bandung dan juga Tasikmalaya.

“Prospek Tasikmalaya bagus, karena Tasikmalaya nantinya ada usaha disana, kemudian kerjainan ada disana, dan orang-orangnya pun menajdi mudah untuk transportasi,” kata Edi.

Kedepannya Edi akan melakukan evaluasi dari pengoperasian KA Galunggung dan tidak menutup kemungkinan memperpanjang rute perjalanan KA Galunggung hingga ke Stasiun Banjar.

“Nanti juga kita pikirkan kalau ada armada dari Bandug-Tasik-Banjar kita siapkan juga, sehingga saudara-saudara kita yang menuju Bandung dan sebalikny menjadi mudah,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan pihaknya menyambut baik beroperasinya KA Galunggung ini. Yana menilai dengan adanya jadwal perjalanan Bandung-Tasikmalaya dan sebaliknya ini akan mengurangi kepadatan lalu lintas antar kota tersebut.

“Karena menurut Informasi cukup banyak kegiatan ekonomi dari Tasikmalaya ke Bandung, jadi Pemkot Bandung mengapresiasi mudah-mudahan bisa semakin banyak destinasi yang menggunakan kereta api,” jelas Yana.

Yana pun berharap kegiatan ekonomi dari Bandung-Tasikmalaya dan sebaliknya juga menjadi semakin mudah. Pasalnya sejumlah produk yang dijual di pasar-pasar di Kota Bandung dipasok dari Tasikmalaya. “Tasik itu menyuplai produk ke Pasar Baru, di Kota Bandung,” tandasnya.

Sumber : Bisnis, 26.12.18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar