12 Agustus 2013

[120813.ID.BIZ] Mudik Lebaran Tak Berdampak Terhadap Ekonomi Makro

Bisnis.com, JAKARTA - Kegiatan perekonomian selama Lebaran dan mudik dinilai tidak mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi dengan signifikan. Sejumlah ekonom menilai target pertumbuhan 6,3% untuk tahun ini masih tidak realistis.

Kepala Ekonom Bank Tabungan Negara Agustinus Prasetyantoko mengatakan Lebaran dan mudik hanya sedikit membantu dari sisi konsumsi rumah tangga yang memang merupakan komponen terbesar dalam perekonomian Indonesia.

"Mudik hanya menambah sedikit uang beredar yang mendongkrak konsumsi sedikit saja. Mudik lebih menjadi sarana redestribusi tapi tidak sebagai pendongkrak pertumbuhan," kata Prasetyantoko kepadaBisnis, Minggu (11/8/13).

Menurut Prasetyantoko, untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi hingga mencapai target yang ditetapkan pemerintah umtuk 2013 diperlukan juga penguatan di komponen produk domestik bruto (PDB) lainnya seperti investasi dan perdagangan dengan luar negeri.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti menilai kedua komponen itu masih sulit diandalkan mengingat masih besarnya tekanan dari pelemahan ekonomi global. Oleh karena itu, menurutnya, pemerintah harus mengoptimalkan belanja pemerintah.

"Kalau mau diakselerasi, maka yang harus didorong adalah pegeluaran pemerintah. Aku rasa pemerintah akan mengoptimalkan penyerapan penyerapan anggaran, terutama belanja modal," katanya.


Sumber : Bisnis Indonesia, 12.08.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar