03 Maret 2017

[030317.ID.BIZ] Presiden Tekankan Pentingnya Dukungan Infrastruktur KEK Morotai

Bisnis.com, JAKARTA - - Presiden Joko Widodo berharap ada dukungan bagi pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Morotai.

Rapat terbatas siang ini, Selasa (28/2/2017) mengangkat topik evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di Provinsi Maluku Utara.
Presiden Joko Widodo memimpin rapat yang dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba turut hadir.

Dalam pengantar rapat, Presiden menekankan pentingnya dukungan terhadap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai.

"Saya kira dukungan infrastruktur, baik pelabuhan, pembangkit listrik, gudang penyimpanan logistik, serta cold storage ini diperlukan," katanya di Kantor Kepresidenan, Selasa (28/2/2017).

Tidak lupa, Presiden mengingatkan pentingnya pendidikan dan pelatihan vokasional sehingga bisa diperoleh sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan berkarakter.

Presiden Joko Widodo melihat Maluku Utara memiliki potensi sektor unggulan yang bisa dioptimalkan lagi, yakni kelautan, perikanan dan industri pengolahan, serta sektor swasta. Presiden mengapresiasi positif pertumbuhan ekonomi pada 2016 Maluku Utara sebesar 5,7%, di atas rata-rata nasional.

Presiden juga menekankan bahwa setiap provinsi harus fokus mengembangkan unggulan di daerahnya. Ambil contoh, Sunnylands di California, AS berhasil mengembangkan wisata golf dan menjadi destinasi golf terbaik di dunia. Sunnylands sampai memiliki 34 padang golf.

"Kita ingin semua provinsi juga sama, memiliki sebuah unggulan, sehingga memiliki daya saing dalam berkompetisi di tingkat regional maupun global," tutur Presiden.

Sumber : Bisnis Indonesia, 28.02.17.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar