01 Desember 2020

[021220.ID.BIZ] Tata Group Berencana Beli e-commerce Seharga US$ 1,3 Miliar

 

KONTAN.CO.ID - MUMBAI. Perusahaan raksasa Tata Group asal India sedang dalam tahap pembahasan lanjutan untuk membeli hampir 80% toko kelontong online lokal bernama BigBasket seharga US$ 1,3 miliar.

Melansir Bloomberg, Rabu (2/12) konglomerat ini kemungkinan akan membeli 50% hingga 60% saham eksisting perusahaan yang dimiliki investor besar seperti Alibaba Group Holding Ltd dan beberapa perusahaan lainnya.

Tata juga akan menyuntikkan dana ke BigBasket dengan membeli saham baru. Hal tersebut rencananya bakal diumumkan dalam beberapa pekan ke depan. Aksi korporasi ini dilakukan Tata untuk meningkatkan bisnis ritel di e-commerce.

Sayangnya, manajemen Tata menolak berkomentar, begitu juga pendiri BigBasket Hari Menon yang menolak menanggapi permintaan komentar.

Tata Group yang berbasis di Mumbai, dengan pendapatan gabungan sekitar US$ 113 miliar dengan hak memegang merek seperti Jaguar Land Rover dan pembuat teh Tetley memang sedang mencari aset e-commerce lokal di tengah persaingan pembelian online di India yang memanas.

Sementara itu, JioMart milik miliarder Mukesh Ambani berupaya untuk menjajal pasar e-commerce yang saat ini didominasi oleh unit lokal Amazon.com Inc dan Walmart Inc. Melihat hal itu, Tata pun terus mencari potensi akuisisi untuk mempersempit kesenjangan dengan para pesaingnya.

Sumber : Kontan, 02.12.2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar