03 September 2010

[030910.ID.BIZ] 3G Capital Caplok Burger King

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Manajemen Burger King Holdings Inc telah menyetujui penjualan saham Burger King ke perusahaan investasi 3G Capital senilai 3,26 miliar dollar AS.


Dengan penjualan ini, perusahaan fast food nomor dua di AS ini berharap, gap yang terlalu lebar dengan rival abadi McDonald's Corp bisa semakin menipis.


3G Capital membeli saham Burger King senilai 24 dollar AS per sahamnya, atau 46 persen di atas harga pasar. "Terjadinya begitu saja," kata Chairman sekaligus Chief Executive Burger King John Chidsey saat ditanyai bagaimana transaksi ini bisa terjadi. Sayang, Chidsey enggan menjelaskan detil lengkapnya.


Selama masa transisi, Chidsey masih menjalankan tugasnya seperti biasa di Burger King, sebelum berbagi tugas dengan Direktur Pelaksana 3G Alex Behring, begitu semua transaksi penjualan kelar di kuartal keempat 2010.


Total nilai yang harus 3G capital keluarkan untuk membeli Burger King sekitar 4 miliar dollar AS, termasuk penyelesaian utang-utang Burger King.


Meski begitu, Burger King masih menerima tawaran pembelian dari pihak lain dengan harga yang lebih tinggi. Namun Analis Telsey Advisory Group Tom Forte meragukan, ada pihak lain yang berani membayar lebih tinggi dari 3G Capital (Agung Ardyatmo/Kontan)


Sumber : Kompas, 03.09.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar