10 Juni 2020

[100620.ID.BIZ] OECD: Ekonomi Global Akan Jatuh Ke Jurang Resesi Terburuk Dalam 100 Tahun


KONTAN.CO.ID - LONDON. Ekonomi global terjun ke dalam resesi terburuk dalam satu abad. Demikian proyeksi terbaru Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

OECD memperkirakan ekonomi global akan berkontraksi alias minus 6% tahun ini sebelum rebound pada tahun 2021. OECD mengingatkan bahwa gelombang kedua wabah infeksi virus corona akan menyebabkan lebih banyak gangguan dan bekas luka ekonomi.

Proyeksi OECD itu lebih suram dari lembaga lain. Bank Dunia semisal, memperkirakan pada minggu ini bahwa ekonomi global akan menyusut 5,2% pada tahun 2020.

Sementara Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan ekonomi dunia akan berkontraksi 3%.

"Pada akhir 2021, hilangnya pendapatan melebihi dari resesi sebelumnya selama 100 tahun terakhir di luar masa perang, dengan konsekuensi yang mengerikan dan lama bagi manusia, perusahaan dan pemerintah," kata Kepala Ekonom OECD Laurence Boone seperti dikutip CNN, Rabu (10/6).

OECD, yang mewakili negara-negara ekonomi terbesar di dunia, mengingatkan dampak ekonomi bisa lebih buruk jika wabah corona gelombang kedua terjadi dalam beberapa bulan mendatang.

Itu akan menyebabkan produk domestik bruto (PDB) global berkontraksi 7,6% tahun ini, dengan efeknya baru mulai mereda di paruh kedua 2021.

Selain prospek ekonomi "sangat tidak pasti," OECD tidak bisa membayangkan pemulihan ekonomi yang cepat bahkan jika gelombang kedua infeksi dihindari.
Beberapa industri akan menderita karena berkurangnya aktivitas untuk jangka waktu yang lama meskipun ada program stimulus besar yang dilakukan oleh pemerintah dan bank sentral.

"Gangguan yang diakibatkan oleh pandemi corona kemungkinan akan meninggalkan bekas luka yang bertahan lama di banyak negara. Standar hidup telah berkurang secara signifikan, pengangguran didorong jauh di atas tingkat sebelum krisis, meningkatkan risiko banyak orang terjebak dalam pengangguran yang lebih lama,"  tulis OECD dalam sebuah laporan.

Eropa terpukul paling keras

Dalam skenario gelombang kedua infeksi corona bisa dihindari, OECD memperkirakan ekonomi Inggris menyusut sebesar 11,5% tahun ini. Sementara ekonomi Spanyol, Prancis dan Italia akan berkontraksi lebih dari 11%.

Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) diperkirakan menyusut 7,3% pada tahun 2020.

OECD memuji pemerintah di dunisa karena mengerahkan sejumlah besar stimulus dalam menanggapi krisis. Tetapi OCDD mengingatkan bahwa pembuat kebijakan tidak akan dapat mendukung upah sektor swasta, pekerjaan dan kegiatan bisnis dalam jangka panjang.

Modal dan pekerja perlu pindah dari bagian ekonomi yang rusak ke sektor-sektor yang sedang tumbuh. Meskipun ini tidak akan terjadi dengan cukup cepat untuk mencegah pengangguran meningkat, OECD menyebutkan pemerintah harus mengizinkan perusahaan untuk merestrukturisasi dengan cepat dan memberikan dukungan upah dan pelatihan kepada pekerja.

Sumber : Kontan, 10.06.2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar