25 Desember 2009

[ID-AIR] "Garuda" Paling On Time di Soekarno-Hatta


Oleh : Hendra Wibawa

JAKARTA (Bisnis.com): "Garuda Indonesia" ditetapkan sebagai maskapai penerbangan paling tepat waktu (on time) di Bandara Soekarno-Hatta (Soeta) Cengkareng menyisihkan lima maskapai nasional lain.

Dirut PT Angkasa Pura (AP) II Edie Haryoto mengatakan catatan tingkat ketepatan waktu Garuda di bandara terbesar di Indonesia mencapai 92,55% untuk kedatangan dan 93% untuk keberangkatan.

"Untuk itu yang mendapatkan penghargaan maskapai domestik dengan on time performance terbaik adalah Garuda," ujarnya dalam malam apresiasi AP II kepada mitra, tadi malam.

Dia menjelaskan Garuda berhasil mengungguli maskapai domestik lain dalam OTP terbaik seperti "Lion Air", "Indonesia AirAsia", "Mandala Airlines", "Batavia Air" dan "Sriwijaya Air".

Edie memaparkan pihaknya mengukur enam maskapai domestik paling sibuk di Bandara Soekarno-Hatta untuk menentukan tingkat on time penerbangan karena telah mendukung Bandara Soekarno-Hatta memperoleh pengakuan sebagai bandara paling tepat waktu kedua di dunia (the world 2nd most on time airport).

Dari total 270.000 pergerakan pesawat per tahun di Bandara Soekarno-Hatta, ungkap dia, sekitar 220.000 pergerakan pesawat domestik sedangkan sisanya pergerakan pesawat asing.

"Penghargaan ini bentuk apresiasi kami ke mitra airline," katanya.Berdasarkan penilaian Forbes Traveler, ungkapnya, Bandara Soekarno-Hatta terpilih sebagai bandara paling tepat waktu (on time) kedua di dunia hasil survai diambil dari 1 Agustus 2008 hingga 31 Juli 2009.

Rata-rata tingkat ketepatan waktu di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 86,7 %, yakni 84,2 % untuk jadwal kedatangan dan 89,2% untuk jadwal keberangkatan.

Tempat pertama bandara paling on time masih diduduki Bandara Haneda Airport (HND) Jepang dengan tingkat ketepatan waktu sebesar 91,4 %. Bandara yang melayani 66 juta penumpang tahun lalu ini juga tercatat sebagai bandara tersibuk di dunia.

Selain Haneda, Jepang juga menempatkan Narita International Airport, Tokyo di tempat ketiga (tingkat ketepatan waktu 86%).

Selain bandara di Jepang dan Korea serta di Indonesia, terdapat Suvarnabhumi Airport, Bangkok,Thailand, yang berhasil menduduki peringkat kelima dan Kuala Lumpur International Airport, Malaysia, di peringkat tujuh.(yn)

Sumber : Bisnis Indonesia, 24.12.09.

[Musik YouTube] MARILLION - "He Knows You Knows" (http://www.youtube.com/watch?v=QJs8qYc6_dc&feature=related)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar