31 Desember 2009

[ID-BIZ] Lewat "Kepala Kuda" Iran Siap Produksi K.A Listrik

KOMPAS.com - Iran melalui perusahaan mobil nasionalnya, "Khodro", menyatakan siap memproduksi kereta api listrik berbagai berbentuk.

"Hingga pertengahan Maret tahun depan kami bisa memproduksi 680 kereta listrik," begitu kata Deputi CEO Khodro Ali Sheikhzadeh sebagaimana ditulis Bernama, Selasa (22/12/2009).

Khodro atau yang acap dikenal dengan singkatan IKCO didirikan pada 1962 oleh keluarga Khayami. Perusahaan itu, kali pertama membesut mobil nasional Iran bernama Samand. Mobil tersebut berbasis Peugeot 405 asal Perancis.

IKCO menjadi perusahaan produsen mobil terbesar di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Afrika Utara. Di Iran sendiri, IKCO menguasai 65 persen pasar mobil nasional.

Pada 1997, perusahaan cap "Kepala Kuda" itu mencatatkan produksi 111.111 unit kendaraan mulai dari mobil sedan hingga kendaraan keluarga. Hingga tiga tahun silam, Khodro sudah memproduksi 550.000 kendaraan.

Tahun lalu, unit usaha IKCO, perusahaan gerbong yang terletak di Abhar, Provinsi Zanjan sudah mematok target produksi 200 buah gerbong trem, kereta bawah tanah, hingga gerbong monorel untuk kebutuhan dalam negeri.

Bila terlaksana, akan ada penghematan 300 juta dollar AS apabila Iran melakukan impor kendaraan.

Sumber : Kompas, 22.12.09.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar