23 Desember 2009

[ID-BIZ] "Sanyo" Resmi Jadi Anak Usaha "Panasonic"


Oleh : Erna Sari Ulina Girsang


JAKARTA (Bloomberg): "Panasonic Corporation" merampungkan akuisisi atas saham mayoritas "Sanyo Electric Co Ltd" hari ini sehingga Sanyo telah resmi menjadi anak usaha konsolidasi Panasonic Corporation dan akan mengejar target bisnisnya sebagai anggota perusahaan Panasonic Group.


Berdasarkan kesimpulan Perjanjian Aliansi Usaha dan Modal pada 19 Desember 2009, kedua perusahaan itu menyusun komite kerja sama yang bertujuan mengamakan agar kesepakatan tidak bertentangan dengan kebijakan badan anti persaingan usaha di dalam dan di luar negeri."


Perjanjian itu juga disesuaikan dengan kerangka regulasi yang berlaku, serta cara mengelola posisi keuangan dan operasional bisnis gabungan," tulis naskah Perjanjian Aliansi Usaha dan Modal yang dikutip Bisnis dari Bloomberg.


Panasonic Group baru akan berusaha mewujudkan sinergi sedini mungin dengan menyatukan teknologi dan kemampuan manufaktur yang dikembangkan selama bertahun-tahun. Kelompok ini juga akan memaksimalkan kerjasama dalam memperkuat daya saing di pasar global.


Khusus untuk bisnis energi, Panasonic Corporation menargetkan menjadi perusahaan elektronik terbesar yang menerapkan inovasi lingkungan pada 2018, atau sewaktu Panasonic berusia 100 tahun."


Untuk mencapai target ini, perusahaan akan memanfaatkan basis operasi solid yang dibangun dengan teknologi industri terdepan dan produk inovatif.


Panasonic akan mengedepankan strategi bisnis untuk Panasonic Group baru dalam rencana rencana bisnis jangka menengah pada 2010," ungkap perjanjian itu.


Panasonic merupakan pemimpin dunia dalam pengembangan dan industri produk elektronik dengan sasaran konsumen, usaha, dan kebutuhan industrial yang luas.


Perusahaan yang berbasis di Osaka, Jepang, itu mencatat penjualan konsolidasi US$78,4 miliar (7,77 triliun yen) selama 1 tahun sampai 31 Maret 2009. (tw)


Sumber : Bloomberg-Bisnis Indonesia, 21.12.09.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar