12 Maret 2010

[ID-BIZ] "Abbott" Kalahkan "Biogen" Akuisisi "Facet"

Oleh: Elsya Refianti

NEW YORK (Bloomberg): Abbott Laboratories, produsen obat radang sendi Humira, sukses mengambil alih Facet Biotech Corp dengan memberikan tawaran 54% lebih tinggi dari penawaran Biogen Idec Inc yang ditolak oleh Facet.

Dalam laporan perusahaan kemarin, Abbott setuju untuk membeli Facet, produsen obat-obatan untuk kanker dan imunitas, seharga US$27 per saham dalam bentuk tunai atau bernilai bersih US$450 juta.

Harga saham ini lebih besar 67% dari harga saham Facet pada penutupan di Nasdaq kemarin. Facet berbasis di Redwood City, California.

Tahun lalu, Facet menolak tawaran akuisisi dari Biogen dengan alasan bahwa tawaran dari perusahaan berbasis Cambridge, Massachusets, senilai US$17,5 per saham itu tidak cukup.

Tawaran oleh Abbott Park yang berbasis di Illinois dengan total mencapai US$722 juta sebelum dikurangi proyeksi uang tunai dan surat berharga Facet yang nsebesar US$272 juta.

“Ini adalah sebuah kesepakatan yang baik karena Abbott mendapatkan setengah dari hak atas obat-obatan utama dalam pasar kekebalan tubuh,” ujar Michael King, analis di Merriman Curhan Ford & Co kemarin dalam sebuah wawancara telepon merujuk pada jenis obat eksperimen multiple sklerosis daclizumab. “Ini adalah kesesuaian yang sempurna.”

Facet telah menghasilkan lima produk eksperimental dan yang paling terkenal adalah daclizumab, yang dikembangkan bersama Biogen. Facet juga sedang mempersiapkan tiga obat kanker dan sebuah terapi untuk penyakit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh.

Harga saham saham Abbott naik 23 sen menjadi US$55,03 pada pukul 4 p.m. di perdagangan New York Stock Exchange. Saham perusahaan itu telah menguat 17% dalam 12 bulan terakhir.

Sementara itu, saham Facet melonjak US$10,80 atau 67% menjadi US$27,01 di bursa saham Nasdaq, kenaikan terbesar saham itu sejak September ketika Biogen mengajukan tawarannya.

Akuisisi cerdas

“Abbott adalah perusahaan perancang dan perencana dan mereka sepertinya membuat sebuah akuisisi yang cerdas. Ini merupakan langkah yang tepat dalam fokus usaha mereka, yaitu terkait imunitas dan onkologi. Langkah ini masuk akal,” ujar Phillip Nalbone, analis di Wedbush Securities kemarin dalam wawancara telepon.

Dewan direksi kedua perusahaan telah menyetujui kesepakatan ini yang diharapkan selesai pada kuartal kedua, ujar Abbott.

Biogen, yang merupakan produsen beberapa jenis obat sklerosis, menawar saham Facet seharga US$14,50 per saham pada September, dan kemudian menaikkan tawarannya menjadi US$17,50 tiga bulan kemudian, yang sebagai tawaran terakhir dan menyebutnya sebagai tawaran terbaik dan terbesar.

Para pemegang sagam Facet tidak menawarkan saham mayoritas kepada Biogen sebagai bentuk dukungan terhadap tawaran tersebut, dan Biogen mengatakan akuisisi dapat menjadi sebuah 'langkah maju'.

Facet mengatakan saat itu bahwa mereka telah terlibat dalam kesepakatan rahasia dengan pembeli potensial lainnya dan mereka juga telah bertanya pada penasehat keuangan Centerview Partner LLC agar mencarikan pembeli lain selain Biogen.

King, analis di Merriman, mengatakan bahwa Biogen harus menaikkan harga tawarannya menjadi sedikitnya US$22 agar disetujui.

“Kami mengatakan harga antara US$22 sampai US$25 per saham. Saya rasa dengan harga US$27 per saham lebih dari cukup. Biogen harus bisa menyamai Abbott,” ujar King kemarin.(t02/er)

Sumber : Bisnis Indonesia, 11.03.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar