22 Maret 2010

[ID-BIZ] "Recapital" Siap Borong Saham "Bank Eksekutif"

Oleh: Fajar Sidik

JAKARTA (Bisnis.com): Recapital Advisor menyiapkan dana Rp 400 miliar untuk memborong saham baru (rights issue) yang akan diterbitkan oleh PT Bank Eksekutif Internasional Tbk. Bahkan telah menyiapkan rencana pengembangan bisnisnya yang akan difouskan ke pasar ritel di sektor usaha mikro kecil dan menengah.

Presiden Direktur Recapital Advisors Rosan Perkasa Roeslani mengatakan pihaknya memang telah bersepakat dengan pemegang saham Bank Eksekutif untuk mengambil seluruh saham baru yang akan diterbitkan.

Masuknya Recapital, katanya, bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan modal minimal yang diperkirakan hanya sekitar Rp150 miliar, namun untuk membangun bank yang ideal untuk pengembangan bisnis di pasar ritel sehingga telah disiapkan permodalan sekitar Rp400 miliar.

Saat ini masih diuji BI dan sudah ke Bapepam-LK, katanya, karena kami bukan akuisisi tapi menyelamatkan bank yang terancam ditutup, dan sekarang bank itu sudah normal semua kewajiban GWM dan beberapa ketentuan. "Tahap awal, Recapital telah menempatkan dana berupa dana pihak ketiga,” jelasnya saat dihubungi Bisnis.com malam ini.

Rosan menyatakan proses rights issue itu konteksnya untuk penyelamatan bank sehingga diharapkan bisa selesai paling lama 2 bulan, dan pihaknya meminta Bapepam-LK untuk memberikan kelonggaran.

Rencananya, Recapital akan menyulap Bank Eksebutif untuk fokus di sektor ritel mikro dan akan menghentikan kredit korporasi secara bertahap. Untuk itu, injeksi modal yang besar diperlukan untuk memperkuat jaringan dan rencana ekspansi usaha.

“Corporate lending akan stop total, kita siap injeksi dana lebih besar untuk kembangkan pasar ritel dan mikro, dengan kebutuhannya sekitar Rp400 miliar, termasuk untuk perbaikan NPL.” (ln)

Sumber : Bisnis Indonesia, 19.03.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar