24 Maret 2010

[ID-BIZ] Akuisisi "San Miguel" Lambungkan Saham "Petron"

Oleh: Erna S. U. Girsang

MANILA (Bloomberg): Nilai saham Petron Corp, perusahaan penyulingan minyak terbesar di Filipina, naik 8,9% setelah San Miguel Corp mengumumkan mempelajari peluang pembelian 51% saham perusahaan itu pada tahun ini.

Peningkatan nilai saham Petron Corp juga dipicu oleh pernyataan San Miguel Corp mengenai rencana menggelar tender untuk sisa saham lain. Nilai saham Petron naik sekitar 6,10 peso per lembar, peningkatan terbesar sejak 9 Desember, 2008.

Bulan lalu, San Miguel Corp, produsen minuman dan makanan terbesar di Filipina, berencana meningkatkan penjualan saham unit usaha makanan, pengemasan, dan cairan menjadi US$1 milar guna mendanai perluasan usaha dan akuisisi.

Presiden San Miguel Ramon Ang, mengatakan dana dari penjualan saham itu akan digunakan mempercepat rencana ekspansi di bidang infrastruktur, energi, telekomunikasi, dan pertambangan.

Perusahaan berbasis di Manila itu kemungkinan membelanjakan US$2 miliar untuk perluasan usaha dan akuisisi pada tahun ini.

Ang dan Chairperson San Miguel Eduardo Cojuangco telah meningkatkan penjualan aset lebih dari US$5 miliar sejak 2007, sehingga perusahaan memiliki dana tunai sebesar US$3,34 miliar (153 miliar peso) sampai September.

San Miguel merupakan anggota Philippine Stock Exchange Index terbesar kedua. Memulai usaha minuman bir dengan San Miguel Beer lebih dari 1 abad lalu. Perluasan usaha ke berberapa jenis industri meningkatkan pengembalian modal sekitar tiga kali lipat dari usaha tradisional.

“Kami sangat tertarik dengan bidang apa saja yang memberikan nilai tambah. Kami fokus pada infrastruktur, energi, dan pertambangan,” jelas Ang.(htr)

Sumber : Bisnis Indonesia, 18.03.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar