14 Agustus 2011

[140811.ID.SEA] Jalan Akses Ke Pelabuhan Teluk Lamong Disiapkan

SURABAYA: Pemerintah Kota Surabaya dan PT Pelabuhan Indonesia III telah menyiapkan rencana pembangunan akses jalan menuju Terminal Multipurpose Teluk Lamong (TMTL), yang akan terkoneksi secara khusus dengan ruas Tol Surabaya-Gresik dan jaringan Median East Ring Road sisi Timur.

Meski demikian, jalan akses itu diharapkan bisa beroperasi pada sebelum fasilitas TMTL beroperasi yang ditargetkan pada awal 2013 masih membutuhkan dukungan pendanaan pemerintah pusat khususnya dalam pembuatan Simpang Susun Kalianak.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan pihaknya dan BUMN sektor kepelabuhanan PT Pelindo III semakin serius untuk segera menuntaskan pembangunan proyek TMTL termasuk akses jalan ke lokasi proyek yang diharapkan bisa menjadi fasilitas pendukung bongkar muat Pelabuhan Tanjung Perak itu.

“Rencananya akan nada ruas akses jalan menuju tol maupun non tol dari TMTL [Terminal Multipurpose Teluk Lamong]. Bila akses menuju ruas tol akan terkoneksi dengan Tol Surabaya-Gresik, sedangkan non tol akan terkoneksi dengan jaringan MERR [Median East Ring Road] sisi timur,” kata Risma melalui siaran pers hari ini.

Secara khusus pernyataan itu disampaikan Walikota Surabaya saat mendampingi kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Pelabuhan Tanjung Perak termasuk meninjau fasilitas pendukung transportasi untuk antisipasi Mudik Lebaran 2011 di Jawa Timur pada 11-13 Agustus 2011.

Risma mengatakan dengan akses jalan ke TMTL itu maka proses pergerakan barang yang diahasilkan dari arus bongkar muat di terminal yang dibangun dengan biaya Rp2,1 triliun itu akan semakin lancar. Khusus untuk proses pembebasan lahan bagi akses jalan itu telah selesai 80%.

“Untuk akses jalan menuju ruas tol Surabaya-Gresik panjangnya sekitar 8 km dan ditaksir menelan biaya Rp8,1 miliar. Keberadaannya akan memperlancar arus barang yang dibawa kendaraan dari arah Malang, Pasuruan, Mojokerto dan kawasan Industri yang berada di sekitar Surabaya,” ujarnya.

Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto menambahkan keberadaan akses jalan itu masih membutuhkan dukungan pemerintah pusat khususnya soal penyediaan fasilitas Simpang Susun yang berlokasi di Jalan Kalianak.

“Kebutuhan itu [Simpang Susun Kalianak] sempat disampaikan ke Komisi V oleh manajemen Pelindo III dan Bu Risma [Tri Rismaharini/Walikota Surabaya], Alhamdulillah respon Komisi V sangat positif dan akan memberikan dukungan penuh agar Simpang Susun itu bisa dibantu,” katanya  kepada Bisnis hari ini. (Yuristriarso Hidayat/sut)

Sumber : Bisnis Indonesia, 14.08.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar