21 Februari 2017

[210217.ID.BIZ] Menhub Bahas Maritim Indonesia dengan IMO

Jakarta- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) International Maritime Organization (IMO) Kitack Lim di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemhub), Jakarta, Selasa (21/2).

Dalam pertemuan itu, Menhub menyampaikan langsung keinginan Indonesia mencalonkan diri kembali sebagai anggota dewan IMO kategori C periode 2018-2019. Saat ini, Indonesia tercatat sebagai anggota dewan IMO kategori C periode 2016-2017. Adapun, pemilihan anggota dewan IMO dilakukan dua tahun sekali.

“Beliau sangat apresiasi terhadap Indonesia dan menyampaikan Indonesia adalah salah satu anggota terpenting IMO karena memang kami banyak menyampaikan ide-ide dan pendapat,” terang Budi Karya setelah bertemu Kitack Lim.

Menurut Budi, pemerintah Indonesia juga melaporkan kepada IMO terkait tuntasnya pembahasan dengan Malaysia dan Singapura untuk mengelola Selat Malaka. “Beliau mengapresiasi langkah tersebut. Di satu sisi, kami berkoordinasi baik dengan Singapura dan Malaysia. Di sisi lain, kami memberi suatu keleluasaan atau kelancaran lalu lintas di Selat Malaka,” terangnya.

Selain itu, Budi menambahkan, pihaknya menjelaskan program tol laut kepada Kitack Lim dan mendapatkan apresiasi dari IMO karena program itu hendak mewujudkan konektivitas antara satu pelabuhan dengan pelabuhan lainnya. “Kami juga berkoordinasi kemungkinan adanya dukungan tenaga pendidikan bagi Indonesia,” ujarnya.

Sementara Kitack Lim mengaku, pada kunjungan kedua kalinya ke Indonesia ini, pembahasan tentang maritim sangat produktif dan konstruktif. “Saya akan berkomunikasi lebih intens lagi dengan Menteri Perhubungan, Pak Sumadi, untuk membuka peluang kerja sama sektor maritim di Indonesia,” ujarnya.

Sumber : BeritaSatu, 21.02.17.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar