20 Desember 2019

[201219.ID.SEA] Samudera Indonesia (SMDR) Mulai Kumpulkan Modal Kerja Untuk Tahun Depan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Samudera Indonesia Tbk mulai kumpulkan modal ekspansi di 2020. Terbaru pihaknya sepakati kerja sama pembiayaan syariah dari PT Bank OCBC NISP Tbk sebesar Rp 1,6 triliun.

Direktur Samudera Indonesia, Bani M. Mulia menyebutkan bahwa dari dana tersebut sebagian akan digunakan untuk belanja modal atawa capital expenditure (capex) tahun depan. "Minimal sekitar Rp 500 miliar akan dialokasikan ke capex 2020," ujarnya kepada kontan.co.id, Rabu (18/12).

Adapun tahun depan, emiten dengan kode saham SMDR di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini menganggarkan capex US$ 112 juta. Nantinya, dana tersebut untuk berbagai investasi di sektor pelayaran, logistik, dan pelabuhan.

Berdasarkan catatan kontan.co.id, tahun depan SMDR memiliki 3 rencana kerja yang meliputi peningkatan kapasitas Pelabuhan Palaran menjadi 400.000 TEUs. Selanjutnya, SMDR akan mengoperasikan dua tambahan harbour mobile crane (HMC) guna menaikkan pelayanan di Tanjung Priok dan penambahan 3-4 armada kapal tanker.

Bani menyebutkan untuk kebutuhan dana lainnya, pihaknya sedang mempersiapkan penerbitan sukuk. Juga, paket pendanaan dengan bank-bank dan institusi pembiayaan lain juga terus dikaji untuk membiayai capex perseroan.

Dengan demikian, capex SMDR tahun depan mayoritas berasal dari eksternal lantaran pihaknya berencana melakukan refinancing. "Tentu kalau financing pasti kami optimalkan ekuitas yang paling efisien, range kami 15%-20% ekuitas dan sisanya dari financing party," paparnya.

Perkuat fundamental anak usaha

Lebih lanjut, ia mengungkapkan sisa dana dari OCBC dan financing party lainnya juga untuk memperkuat permodalan fundamental anak usahanya. Hal tersebut tak lepas dari keinginan SMDR untuk membuat anak usaha menjadi perusahaan terbuka.

Sayang, untuk rencana IPO anak usahanya ia masih enggan buka-bukaan. "Rencana IPO belum bisa kami pastikan jadwalnya, tapi betul kami persiapkan dulu anak usaha dan perkuat fundamentalnya," ujarnya.

Sumber : kontan, 18.12.19.

1 komentar:

  1. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus