13 November 2009

[ID-BIZ] Empat Koridor Jadi Prioritas Pengembangan KEK

Oleh : Agust Supriadi

JAKARTA (bisnis.com): Pemerintah memprioritaskan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di empat koridor utama dengan melibatkan swasta dalam pembangunan infrastrukturnya.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menuturkan berdasarkan hasil pemetaan awal, ada empat koridor utama yang akan menjadi prioritas pengembangan KEK karena melihat potensi alam pendukungnya yakni Pantai Utara Jawa, Pantai Timur Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

"Ada empat koridor berdasarkan potensi alamnya. Pantura berbasiskan pada industri manufaktur, palm oil di Pantai Timur Sumatera, dan dua koridor lainnya Kalimantan dan Sulawesi berdasarkan kekayaan alam di daerah tersebut," papar dia ketika berdiskusi dengan Forum Wartawan Keuangan dan Moneter hari ini.

Menurutnya, ada 19 program kerja dan 53 rencana aksi yang menjadi fokus pemerintah dalam 100 hari masa kerjanya. Salah satunya adalah pengembangan klaster industri berbasis sumber daya alam dengan mempercepat penerbitan peraturan pemerintah mengenai KEK.

"Makanya dalam 100 hari akan ada PP (tentang KEK) untuk menetapkan kriteria di mana KEK bisa atau tidak kita kembangkan dengan melihat berbagai aspek," jelasnya.

Dia mengungkapkan muatan dari PP tersebut a.l. merinci kriteria daerah yang bisa menjadi KEK dan skema kerjasama pemerintah dan swasta (Public Private Partnership) guna mewujudkannya.

Pasalnya, lebih dari 20 daerah telah diusulkan untuk dijadikan KEK, tetapi belum ada yang dikabulkan karena harus mempertibangkan berbagai aspek pendukung di daerah tersebut, seperti ketersedian dari sumber daya alam dan daya dukung infrastruktur.

Dia berharap pembangunan KEK tersebut dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang bisa mendorong kegiatan ekonomi di dalam dan di luar wilayah tersebut. (tw)

Sumber : Bisnis Indonesia, 13.11.09.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar