09 November 2009

[ID-BIZ] "Sariguna" Ekspansi Pabrik Air Minum Kemasan

Oleh : Dwi Wahyuni

PASURUAN, Jatim (bisnis.com): PT Sariguna Primatirta, anak perusahaan Tanobel Group, akan terus melakukan ekspansi pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merek "Cleo" di berbagai daerah untuk memperpendek jalur distribusi.

Kushardianto, Sales Manager PT Sariguna Primatirta, mengatakan dalam waktu dekat atau sekitar awal Desember Tanobel Group ini akan membuka satu pabrik air minum dalam kemasan di NTB. Tahun depan rencana ekspansi yang sudah masuk adalah Bandung dan Samarinda.

Namun dia belum dapat menyebutkan besaran investasinya mengingat proses pembangunanya belum final. Pembangunan pabrik tersebut selain mendekati konsumen juga untuk memperpendek jalur distribusi.

Selama ini pengiriman produk antarpulau membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Pengiriman satu kontainer akan memerlukan biaya sekitar Rp8 juta--Rp9 juta.

"Jadi kecepatan produk sampai ke tangan konsumen ini penting untuk menjaga tingkat kesegaran produk sekaligus mendukung upaya memacu penjualan," ujarnya di sela-sela kunjungan pabrik Sariguna Primatirta (Tanobel Food) di Pandaan, Pasuruan.

Selain memproduki air oksigen tersebut, Tanobel Food juga memproduksi dua brand lainnya yakni mineral water Anda serta Anda Jouce.

Dia mengatakan setelah menggenjot penyebaran distribusi melalui pengembangan Cleo Mart, Sariguna siap memacu penjualan merek baru tersebut melalui pogram Cleo reward kepada konsumen seperti promo pembelian berhadiah.

Program menarik konsumen para ibu ini diharapkan akan mampu medorong pertumbuhan penjualan yang pada 2010 diperkirakan mencapai 50% seiring dengan pengoperasian pabrik dan Cleo Mart baru.

Saat ini, kata dia, jumlah Cleo Mart tersebut telah mencapai 30 gerai atau bertambah sekitar 12 gerai selama Oktober 2009, sedang yang inden masih sekitar sembilanan.

Jumlah pabrik yang dilengkapi dengan fasilitas produksi, kantor dan gudang itu tercatat delapan. "Operasional pabrik itu di antaranya berada di Pandaan, Jember, Makassar, Bali, Kudus, Bogor dan Medan," tambahnya. (tw)

Sumber : Bisnis Indonesia, 04.11.09.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar