18 Oktober 2010

[181010.ID.SEA] Indonesia : Otoritas Pelabuhan Diluncurkan 1 Desember

JAKARTA: Kementerian Perhubungan menargetkan peluncuran otoritas pelabuhan (OP) di empat pelabuhan utama dilakukan serentak pada 1 Desember 2010.

Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Suwandi Saputro mengatakan saat ini pihaknya tengah menyamakan persepsi mengenai OP bersama dengan pihak Kementerian Negara BUMN.

"Masih dilakukan penyamaan persepsi, agar tidak ada masalah nantinya ketika OP ini sudah berjalan," jelasnya hari ini.

Selain pembahasan dengan Kemenneg BUMN, Suwandi menuturkan pihaknya juga akan melakukan sosialisasi mulai bulan depan tentang pembentukan OP, di Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta), Juanda (Surabaya), Menteri Perhubungan Freddy Numberi menuturkan pihaknya ingin agar pembentukan OP tidak terlalu lama, guna mengakomodir perintah UU Pelayaran No. 17/2008.

Pengesahan pembentukan OP resmi dinyatakan melalui penandatanganan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara E. E. Mangindaan No./2237.M.PAN-RB/10/2010 pada 7 Oktober 2010.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Sunaryo mengatakan pihaknya segera meluncurkan OP setelah menerima pengesahan mengenai organisasi dan tata kerja lembaga itu dari Kementerian PAN dan reformasi Briokrasi.(msb)

Sumber : Bisnis Indonesia, 17.10.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar