24 Februari 2011

[240211.ID.BIZ] BASF Rampungkan Akuisisi Cognis

 LUDWIGSHAFEN, Jerman: BASF, raksasa manufaktur asal Jerman, merampungkan proses akuisisi Cognis, produsen nutrisi, senilai 3,1 miliar euro guna memperkuat posisinya di bisnis pharma excipients.

Proses akuisisi yang tuntas pada akhir tahun lalu itu mencakup fasilitas produksi Cignis di Eropa, Asia, Amerika Utara dan Amerika Selatan, termasuk perusahaan Cognis yang berlokasi di Cimanggis, Bogor.

Dewan direksi BASF yang dipimpin oleh Jurgen Hambrecht bersama Michael Heinz, Manajer Integrasi BASF yang juga CEO Cognis yang baru, telah menggelar pertemuan dengan 1.500 karyawan Cognis di kantor pusatnya di Dusseldorf, Jerman, baru-baru ini.

BASF merupakan perusahaan kimia terbesar di dunia yang memproduksi bahan kimia, plastik dan performance products. Perusahaan ini juga menghasilkan produk pertanian, kimia khusus, serta minyak dan gas. Di seluruh dunia, Cognis memiliki sekitar 5.500 karyawan.

"Kami akan membentuk tim terbaik dan mendorong pertumbuhan yang menguntungkan bagi Cognis," kata Hambrecht dalam siaran pers yang diterima  Bisnis” pada acara Asia Media Tour BASF di Ludwigshafen, Jerman, hari ini.

BASF merencanakan aksi korporasi itu pada pertengahan tahun lalu dengan nilai akuisisi saham mencapai 700 juta euro. Proses akuisisi itu mencakup utang yang menjadi kewajiban Cognis dan kewajiban pensiun karyawannya, sehingga total nilai transaksi itu mencapai 3,1 miliar euro.

Dengan akuisisi tersebut, BASF menjadi perusahaan terkemuka di bisnis produk bahan kimia untuk keperluan sehari-hari. Langkah itu semakin memperkuat posisi BASF sebagai produsen produk rumah tangga bernilai tambah, termasuk di bisnis nutrisi dan pharma excipients.

Melalui aksi korporasi itu, BASF akan mampu menawarkan produk dan jasanya secara lebih lengkap untuk unit monomer khusus dalam divisi petrokimia. Akusisi tersebut sekaligus memperluas portofolio BASF dengan kemampuan memproduksi produk berbasis bahan baku yang dapat diperbaharui.(hl)

Sumber : Bisnis Indonesia, 23.02.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar