23 Maret 2011

[230311.ID.SEA] Proyek Pelabuhan Kalibaru Ditender Terbuka

JAKARTA:  Kementerian Perhubungan membantah akan menyerahkan pembangunan pelabuhan di utara Kalibaru kepada Pelindo II tanpa melalui mekanisme tender terbuka. Suwandi Saputro, Direktur Kepelabuhan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub mengatakan Otoritas Pelabuhan (OP) terus mempersiapkan rencana tender investor pembangunan di utara Kalibaru itu.

Menurut dia, kawasan utara Kalibaru tersebut bukan area yang selama ini sudah diusahakan oleh Pelindo II sehingga memungkinkan perseroan itu membangun pelabuhan di atasnya tanpa mengikuti tender terbuka.

Kalibaru, katanya, merupakan kawasan yang penguasaannya ada di tangan pemerintah.

“Menhub akan mengeluarkan master plan [rencana induk] pelabuhan di Teluk Jakarta dan sekitarnya, bukan restu untuk Pelindo membangun pelabuhan di Kalibaru,” katanya hari ini.

Sebelumnya, Lino mengaku optimistis dapat memulai pembangunan pelabuhan di kawasan tersebut dengan dana sebesar Rp8,8 triliun pada Mei 2011 karena Menhub memberikan sinyal akan mengeluarkan restu pada awal bulan depan.

Setelah izin itu keluar, katanya, perseroannya langsung mempersiapkan Amdal yang sekarang terpaksa ditunda akibat persinggungan kewenangan. “Dana sudah tersedia, pembangunan bisa dimulai dengan cepat,” ujarnya. (sut)

Sumber : Bisnis Indonesia, 23.03.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar