09 April 2011

[090411.ID.SEA] Indonesia :Waktu Tunggu di Tanjung Priok 46 menit

JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II mengklaim masa tunggu (waiting time) kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta sudah mendekati angka zero dengan rata-rata hanya 46 menit.

Sekretaris Perusahaan Bidang Humas Hambar Wiyadi mengatakan guna mempercepat pelayanan kapal di pelabuhan, perseroannya berupaya melakukan menyempurnaan pelayanan di seluruh pelabuhan di lingkungan PT Pelindo II.

Perbaikan dimulai dari peningkatan produktivitas, pembangunan dan perbaikan infrastruktur pelabuhan dan simplikasi prosedur pelayanan. “Kami melakukannya untuk mendukung program 14 pelabuhan yang disiapkan untuk Asean Connectivity 2015,” katanya dalam rilis yang diterima Bisnis, hari ini

Dia menjelaskan perseroannya telah mengalokasikan dedicated berth sesuai jenis barang yang dibongkar muat di suatu dermaga seperti untuk barang curah kering, curah cair, unitized/general cargo  dan petikemas secara terpisah.

Selain itu, katanya, pelabuhan di lingkungan PT Pelindo II telah melakukan kontrak kesepakatan tingkat pelayanan untuk kegiatan melayani jasa kapal dan barang dengan para pengguna jasa.

“Tingkat layanan yang disepakati untuk pelayanan waktu tunggu kapal (waiting time) dan waktu tambat kapal di dermaga (berthing time) yang ditentukan dengan berdasarkan standar mutu dan produktivitas bongkar muat,” ujarnya.

Dia mencontohkan,  di Pelabuhan Tanjung Priok saat ini  rata-rata waiting time kapal hanya 46 menit, sedangkan di Pelabuhan Panjang rata-rata 140 menit, palembang 74 menit dan Pontianak dalam dua bulan terakhir rata-rata  38 menit. (sut)

Sumber : Bisnis Indonesia, 04.04.11.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar