05 Desember 2011

[051211.ID.BIZ] Tender Terminal Peti Kemas Kalibaru Dipertanyakan


JAKARTA: Tim Pengawas Independen Kalibaru mempertanyakan kinerja panitia tender pembangunan terminal peti kemas di utara Kalibaru, Pelabuhan Tanjung Priok menyusul belum adanya penunjukan pemenang.

Juru Bicara Tim Pengawas Independen Terminal Peti Kemas Kalibaru Siswanto Rusdi mengatakan berdasarkan hasil pengawasan, ada kemungkinan tim panitia tender sudah tersandera kepentingan pihak tertentu.

Namun, dia enggan menyebutkan kepentingan pihak tertentu itu, tetapi justru mengusulkan agar investigasi dilakukan untuk mengetahui penyebab sesungguhnya penunjukan pemenang dalam tender itu belum dilakukan.

Menurut dia, jika tim panitia tender bekerja dengan baik, pihaknya optimistis proses pembangunan terminal tersebut tidak akan molor. "Tim belum bekerja maksimal," katanya kepada Bisnis, hari ini.

Hingga kini, hasil tender pembangunan dan pengoperasian terminal peti kemas Kalibaru belum diputuskan meskipun Kemenhub optimistis perluasan Pelabuhan Tanjung Priok itu dapat selesai pada awal 2014.

Namun, Kementerian Perhubungan menegaskan sudah menyiapkan sejumlah opsi untuk menyelesaikan  kelanjutan pelaksanaan tender tersebut, salah satunya dengan menunjuk badan usaha milik negara (BUMN) untuk mengerjakannya.

Sayangnya, pemilihan dan penetapan opsi tersebut masih harus menunggu keputusan forum menteri meskipun Menteri Perhubuingan E.E Mangindaan sudah melayangkan surat kepada Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Sejak awal, Kemenhub menargetkan tahun ini pembangunan terminal senilai Rp11,7 triliun dapat dilakukan. Awalnya ditargetkan Mei, tetapi molor menjadi Desember 2011, padahal hingga kini belum ada peserta tender yang ditunjuk. (Bsi)

Sumber : Bisnis Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar