27 Desember 2011

[271211.ID.BIZ] Kemenhub Dukung Penggunaan GamaCard


JAKARTA: Kemenhub mendukung uji coba dan penggunaan GamaCard, hasil integrasi kartu tanda mahasiswa Universitas Gajah Mada dengan kartu tiket bus Trans Jogja.

Wamenhub Bambang Susantono mengatakan GamaCard nantinya dapat dikembangkan menjadi e-ticketing untuk mendukung layanan transportasi intermoda Trans Batik Solo-Pramex (KA Prambanan Expres)-Trans Jogja.

Selain itu, katanya, kartu tersebut dapat dikembangkan bahkan diintegrasikan dengan layanan e-money. "Kartu ini bisa dikembangkan ke layanan transportasi intermoda bahkan e-money," katanya dalam rilis yang diterima Bisnis, hari ini.

Dia menjelaskan terobosan transportasi intermoda di kota Solo dan Yogyakarta sangat penting untuk menjadi bahan masukan dan pengembangan untuk mengatasi masalah transportasi di kota-kota di Indonesia.

Saat ini, sosialisasi penggunaan GamaCard terus dilakukan dengan mensinerjikan Swaragama Group, Bank Mandiri selaku sponsor sosialisasi dan Gama Techno sebagai mitra integrasi teknis dan nonteknis.

Bambang menjelaskan kartu mahasiswa UGM bernama GamaCard memiliki chip smartcard yang sudah diluncurkan sejak 2004. Chip GamaCard itu digunakan untuk pendataan aktivitas akademik universitas. (tw)

Sumber : Bisnis Indonesia, 27.12.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar