06 Desember 2011

[061211.ID.LAN] Meski Sempat Kacau, PT KA Ngotot Terapkan Loop Line


JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia melalui anak perusahaannya PT KA Commuter Jakarta mulai Senin ini menerapkan sistem operasional kereta rel listrik jalur melingkar atau loop line, dan diklaim sudah berjalan normal. Artinya sudah tidak ada kekacauan lagi.

"Kami terapkan untuk permanen sistem loop line mulai hari ini [Senin, 5/12]. Penerapan ini setelah kami sebelumnya melakukan uji coba selama 4 hari," kata Sekretaris Perusahaan PT KA Commuter Jakarta (KCJ) Makmur Syaheran kepada Bisnis, Senin.

Dia menambahkan selama masa uji coba tersebut, yakni dua hari kerja dan dua hari libur, pihaknya sudah melakukan evaluasi terus menerus dari pagi hingga malam selama masa uji coba tersebut.

"Memang pada hari pertama uji coba, kami mengalami kekacauan, ada penumpukan penumpang. Hal ini karena ada kerusakan wessel di Gambir. Soal wessel ini sebenarnya menjadi tanggung jawab otoritas," katanya.

Makmur mengklaim pada hari kedua uji coba, kekacauan sudah tidak terjadi lagi, sehingga pihaknya menetapkan operasional sistem loop line bisa dilakukan pada 5 Desember.

"Berkaca dari kekacuan di hari pertama uji coba, kami lihat penumpang menumpuk pada pukul 7-8 pagi, maka dari evaluasi kami yang terus menerus sepanjang hari, kami operasikan 4 tambahan kereta untuk mengurai penumpukkan," katanya.

Keempat tambahan tersebut, lanjut Makmur yakni masing-masing satu perjalanan untuk KRL Manggarai-Tanah Abang, Jatinegara-Senen, Serpong-Tanah Abang, dan Bekasi-Manggarai-Kota. Dengan demikian total perjalanan kereta bertambah menjadi 531 dari sebelumnya 467.

Dengan adanya tambahan perjalanan kereta ini, Makmur mengklaim head ways atau jarak kedatangan kereta satu dengan lainnya menjadi lebih singkat yakni 7 menit dari sebelumnya 10 menit.(api)

Sumber : Bisnis Indonesia, 05.12.11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar