18 Juni 2012

[180612.ID.BIZ] Bank Dunia : Kemajuan Performa Logistik RI Ditopang Swasta


JAKARTA: Bank Dunia menilai naiknya indeks performa logistik Indonesia dari peringkat 75 pada 2010 menjadi 59 tahun ini lebih ditopang perkembangan dari sektor swasta daripada kontribusi pemerintah.

Ekonom Bank Dunia Henry Sandee menyampaikan kemajuan performa logistik terjadi pada bidang-bidang di mana sektor swasta menjadi pelaku utama, yakni penyedia jasa pelayaran dan logistik.

"Kemajuan pada periode 2012 tidak begitu tampak pada bidang-bidang di mana pemerintah menjadi pelaku utama, seperti border agencies dan infrastruktur," ujar Henry kepada Bisnis, Jumat,(15/6/2012).

Berdasarkan hasil riset Logistic Performance Index (LPI) 2012, Indonesia mengalami peningkatan index dari 2,76 menjadi 2,94. Adapun indeks LPI memiliki rentang nilai antara 1 hingga 5 dengan capaian indeks 5 sebagai yang terbaik.

Dalam penilaiannya, LPI mengukur enam dimensi kinerja suatu negara. Keenam indikator yakni efisiensi proses clearence, kualitas infrastruktur perdagangan dan transportasi, dan kemudahan menyelenggarakan pengapalan barang dengan harga yang bersaing.

Selain itu, terdapat kompetensi dan kualitas jasa logistik, pelacakan dan penelusuran, dan ketepatan waktu. (ra)

Sumber : Bisnis Indonesia, 15.06.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar