18 Oktober 2013

[181013.ID.BIZ] Facebook Akuisisi Onavo dari Israel


TEMPO.CO, California - Facebook mengakuisisi sebuahstartup yang fokus dalam urusan melakukan kompresi data di Internet, Onavo. Startup yang berbasis di Tel Aviv, Israel, itu mengumumkan mereka telah bergabung dengan Facebook.

Namun Onavo tak menyebutkan nilai akuisisinya. Pihak Facebook menyatakan Onavo akan menjadi tambahan menarik bagi jejaring sosial terbesar di dunia itu. Teknologi kompresi data bisa memainkan peran sentral dalam misi mereka untuk menghubungkan lebih banyak orang ke Internet.

"Program analitis Onavo akan membantu kami memberikan produk mobile yang lebih efisien," demikian pernyataan Facebook, Senin, 14 Oktober 2013.

Guy Rosen dan Roi Tiger, pendiri Onavo, melalui blogperusahaan mereka menyatakan senang dengan akuisisi ini. Harapannya, mereka bisa ikut memainkan peran penting dalam mencapai tujuan lembaga Interget.org, yang digagas oleh Mark Zuckerberg. "Harapannya, dengan data yang lebih efisien, akan lebih banyak orang di seluruh dunia dapat terhubung dan berbagi," tulis mereka. Namun, akuisisi ini tak membuat para pegawai Onavo akan boyongan ke markas Facebook. Mereka akan tetap berkantor di Tel Aviv.

Akuisisi ini membantu Facebook untuk menekan data buat aplikasi mobile mereka. Teknologi ini bisa membantu Facebook meningkatkan akses kepada satu miliar lebih penggunanya. Langkah ini dinilai sesuai dengan rencana Facebook untuk mengembangkan jaringannya di negara-negara berkembang dengan sarana Internet yang minim, sehingga perlu aplikasi yang ringan dan tak boros data.

Facebook telah lama menguji dan membangun aplikasi mobileyang ringan. Mereka secara teratur telah mencoba aplikasi dengan beberapa seri Android lawas. Bahkan mereka mengirimkan engineer-nya ke Filipina guna membeli ponsel murah untuk dicoba apakah bisa menjalankan aplikasi Facebook dengan lancar.

Sumber : Tempo, 15.10.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar