28 Oktober 2013

[281013.ID.BIZ] Tiket Elektronik Kereta Dongkrak Jumlah Penumpang

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Komersial PT Jakarta Commuter Jabodetabek Makmur Syaheran mengungkapkan penerapan sistem e-ticketing dan tarif progresif mendorong peningkatan jumlah pengguna commuter line. "Target kami sebenarnya enggak sampai 600 ribu per hari pada akhir tahun, tapi Juli kemarin, dengan kami terapkan e-ticketing, lalu ada tarif progresif, kenaikannya hampir 30 persen dari bulan sebelumnya," ucap Makmur usai menghadiri acara penandatanganan kerja sama PT KAI dan Bank CIMB Niaga terkait pembayaran tiket kereta secara e-commerce danmerchant di Kantor CIMB Niaga, Senin, 28 Oktober 2013.

Ia menjelaskan, sebelum Juli 2013, jumlah penumpangcommuter line mencapai 400 ribuan sehari. "Biasanya pertambahan kita kan gradually sekitar 5, 10, paling pol 15 persen tiap tahun," kata dia. Tahun depan, PT KAI menargetkan jumlah penumpang bisa mencapai 700 ribu per hari.

Sistem e-ticketing, menurut Makmur, membuat penumpang yang dulunya bisa naik tanpa tiket jadi tak bisa lagi melakukan itu. "Sekarang semua tertib kan. Yang free rider juga sudah tidak nyolong lagi," kata dia.

Makmur menjelaskan, pihaknya terus melakukan penambahan ratusan kereta tiap tahun untuk meningkatkan kapasitas dan mengganti kereta yang sudah habis masa pakai. Tahun ini, PT KAI membeli 180 kereta yang akan sampai di dalam negeri akhir pekan ini hingga Januari 2014. Semuanya dipesan dari Jepang. "Akhir Oktober ini datang sekitar 30. Sisanya terus setiap bulan sampai Januari. Kereta itu kami sertifikasi dulu sekitar 1 bulan. Desember awal sudah bisa kami jalankan," katanya. Sejauh ini, jumlah kereta comuter line yang beroperasi disebut-sebut mencapai sekitar 600-an kereta.

Tahun depan, PT KAI juga akan membeli 160 kereta lagi. "Nanti tender, dari Jepang boleh, dari yang lain boleh. Spec-nya diajukan dulu ke kementerian. Sehabis disetujui, kami tender," ucapnya. PT KAI menargetkan, pada 2019, jumlah penumpang commuter line bisa mencapai 1,2 juta sehari dengan waktu tunggu kereta di stasiun 4 menitan.


Sumber : Tempo, 28.10.13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar