05 Juli 2015

[050715.ID.BIZ] Tunggu Hasil Referendum Yunani, Bursa Eropa Melemah

Bisnis.com, JAKARTA--Pasar saham Eropa melemah menunggu hasil keputusan dari referendum Yunani. Seperti dilansir dari www.monexnews.com, referendum itu akan menentukan masa depan Yunani di zona Euro.

Jika Yunani menolak permintaan penghematan oleh para kreditur dalam referendum yang digelar Minggu (5/7/2015), mayoritas investor memprediksi pelemahan saham akan terpicu pada pekan depan.

"Namun, dengan hasil jejak pendapat yang mengindikasikan hasil referendum akan tipis, investor cenderung waspada," sebut Monexnews, Sabtu (4/7/2015).

Index DAX Futures Jerman ditutup turun tipis 0,11% di level 11.112,5. Sebaliknya indeks FTSE Futures Inggris berakhir di level 6.559 atau naik 0,31%.

Lebih lanjut, investigasi manipulasi pasar di Inggris juga menjadi beban di pasar saham Eropa.

Monexnews menyebutkan bank-bank besar Inggris seperti Barclays, RBS, dan Standard Chartered ditutup turun lebih dari 1% setelah dicurigai memanipulasi perdagangan mata uang Real Brazil.

Meskipun lembaga riset Markit menyebutkan aktivitas bisnis zona Euro pada Juni menyentuh level tertinggi dalam empat bulan terakhir, pasar saham tidak banyak bereaksi pada data tersebut.

Sumber : Bisnis Indonesia, 04.07.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar