28 Agustus 2015

[280815.ID.BIZ] China Patok Kurs Yuan Terendah Dalam 4 Tahun

SHANGHAI. Bank sentral China pada hari Kamis (27/8) kembali mematok nilai tukar yuan ke level terendah dalam empat tahun terakhir versus dollar Amerika.

Berdasarkan data China Foreign Exchange Trade System, nilai tukar yuan berada di level 6,4085 per dollar AS. Itu artinya, nilai tukar tersebut lebih lemah 0,07% dibanding hari sebelumnya. Meski demikian, menurut Shanghai Securities News, nilai tukar tersebut merupakan yang terendah sejak Agustus 2011.

Langkah penurunan nilai patokan yuan menyusun pemangkasan tingkat suku bunga acuan yang diumumkan People's Bank of China (PBOC) pada Selasa (25/8) lalu.

"Depresiasi yuan dilakukan seiring munculnya harapan pasar atas pelemahan yuan yang sebelumnya sudah terjadi setelah kebijakan devaluasi pada 11 Agustus lalu," jelas Liu Dongliang, senior analyst China Merchants Bank di Shenzen kepada AFP.

Sekadar mengingatkan, pada 11 Agustus lalu, PBOC mendevaluasi yuan hampir sebesar 2%. PBOC beralasan, keputusan itu bertujuan untuk mengubah sistem penetapan mata uang ke sistem yang berorientasi pasar sehingga lebih fleksibel.

Saat ini, yuan diperdagangkan di level 6,4091 per dollar AS, menguat tipis dari penutupan kemarin yang berada di level 6,4095 per dollar.


Sumber : Kontan, 27.08.15.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar