01 Juli 2020

[010720.ID.BIZ] Di Tangan Bani, Apa Yang Akan Terjadi Dengan Samudera Indonesia


Bani Maulana Mulia, kini didapuk sebagai direktur utama PT Samudera Indonesia, menggantikan Masli Mulia, ayahnya yang menduduki posisi di dewan komisaris.

Pengangkatan Bani itu berdasarkan hasil RUPS dan RUPSLB pada Selasa (30/6), di Jakarta.

Suami Lulu Tobing ini memang sudah cukup lama dipercaya sebagai direksi di perusahaan pelayaran yang didirikan oleh Soedarpo Sastrosatomo (kakeknya) tersebut.

Beberapa kali Ocean Week bertemu Bani dan mewawancarainya, pria berparas tampan ini memang terlihat cerdas dan tangkas.

Bayangkan saja, puluhan perusahaan grup Samudera Indonesia yang dipercayakan untuk dikelolanya, semuanya berhasil dan cukup eksis.

Bani boleh dibilang sebagai generasi pembaharu dalam tata kelola Samudera Indonesia grup. Orang bilang, dia memiliki ‘tangan dingin’ dalam menangani perusahaan. Itu juga karena dibantu oleh para tenaga profesional dibidang masing-masing.

Misalnya, untuk perusahaan yang bergerak di sektor pelayaran, Bani pun mempercayakan kepada ahlinya sebagai pelaksananya, begitu pula untuk sektor pelabuhan, terminal petikemas maupun logistik.

Bani sendiri mulia meniti karir di perseroan ini sejak 2009, dan dia sempat menduduki posisi Direktur Pelaksana sejak 2016 lalu.

Sebelumnya, Bani menjabat sebagai Komisaris Utusan pada 2013 dan Sekretaris Dewan Komisaris pada 2009 di perusahaan yang sama.

Selain itu, Bani juga memegang jabatan Direktur Utama pada sejumlah anak usaha SMDR, yakni di PT Samudera Terminal Indonesia, PT Samudera Perkapalan Indonesia, PT Samudera Agencies Indonesia, PT Samudera Properti Indonesia, PT Samudera Indonesia Logistik Kargo, PT Silkargo Indonesia, dan PT Perusahaan Pelayaran Nusantara Panurjwan.

Putra Masli Mulia dan Chandraleika Mulia ini sungguh tak diragukan lagi dalam mengelola perusahaan.

Setelah berhasil lulus Sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Bani pun melanjutkan pendidikannya ke Deakin University, Australia dengan peminatan di bidang Finance.

Dalam organisasi, selain pernah aktif di salah satu organisasi pelayaran, Bani juga tercatat sebagai Wakil Ketua Komite Tetap Perhubungan Laut di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Disamping itu, dia juga sebagai anggota Komite Transportasi dan Energi Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Meski menjadi big bos di puluhan perusahaan, namun Bani bukanlah sosok yang angkuh. Dia memang dikenal sangat familiar kepada siapapun. Dan Bani pun sangat dekat kepada para karyawannya. Pembawaan cukup sederhana itulah yang menjadikan sosok Bani cukup disegani oleh siapapun yang mengenalnya.

Sumber : Ocean Week, 30.06.2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar