20 Januari 2010

[ID-AIR] Ajukan Pailit, "JAL" Pangkas 15.600 Tenaga Kerja


TOKYO, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Jepang, "Japan Airlines" (JAL), telah mengajukan proteksi pailit sebagai upayanya bergabung dalam program restrukturisasi terhadap perusahaan yang dililit oleh utang dan menjadi salah satu korporat terbesar di Jepang yang dilanda kebangkrutan.

Selain dikeluarkan dari daftar Bursa Saham Tokyo pada 20 Februari atau lebih awal, JAL yang berencana memangkas hingga 15.600 tenaga kerja akan menerima suntikan dana publik senilai 3,3 miliar dollar.

Dalam rapat dewan komisarisnya di Tokyo, Selasa (19/1/2010), JAL sepakat untuk mengajukan ke Pengadilan Distrik Tokyo proteksi dari para krediturnya berdasarkan Undang-undang Rehabilitasi Korporat. Pengadilan Distrik Tokyo selanjutnya akan menetapkan korporasi pengawasan restrukturisasi JAL yang akan mendukung penuh pemulihan maskapai penerbangan bermasalah ini.

Badan pengawasan restrukturisasi akan menawarkan kredit senilai 6,6 miliar dollar dari Bank Pembangunan Jepang serta institusi lainnya selain menawarkan sekitar 3,3 miliar dollar dari pundi institusinya sendiri. Pemerintah Jepang akan mengeluarkan jaminan terhadap keberlangsungan operasi penerbangan JAL serta pemulihannya.

Sumber : Kompas, 19.01.10.

Catatan :
Rujukan sebelumnya di [blog] ini, silahkan baca edisi 14 Januari 2010 [ID-BIZ] “JAL” Akan Pangkas 15.600 Karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar